Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Provinsi Sulawesi Tenggara memberikan fasilitas berupa laptop dan sepeda motor kepada tenaga pendidik yang ada di daerah tersebut saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023.

Bupati Konawe Utara Ruksamin dalam keterangan diterima di Kendari, Selasa mengatakan pihaknya memberikan laptop kepada seluruh guru dan sepeda motor bagi seluruh kepala sekolah baik TK, SD, hingga SMP yang ada di daerah tersebut.

"Tadi kita telah menyaksikan penyerahan secara simbolis kendaraan roda dua untuk kepala sekolah dan penyerahan laptop untuk semua guru se-Kabupaten Konawe Utara," katanya.

Pemerintah Kabupaten Konawe Utara menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023. Bupati Konawe Utara Ruksamin bertindak sebagai Inspektur Upacara, serta dihadiri semua unsur pemerintah daerah, Polres, Kaposbinda, dan Kodim Konawe Utara.

Ruksamin menyampaikan pemberian laptop dan sepeda motor kepada tenaga pendidik merupakan upaya pemerintah Kabupaten Konawe Utara dalam menyambut pendidikan merdeka seperti yang telah disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

"Selain dari infrastruktur pendidikan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara juga menyiapkan dana operasional tambahan untuk sekolah serta Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi guru yang belum mendapatkan sertifikasi," tutur mantan Ketua DPRD Konawe Utara ini.

Bupati dua periode ini menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Konawe Utara terus memberikan dukungan untuk kemajuan pendidikan di daerah yang berjuluk "Bumi Oheo".

Selanjutnya Bupati Konawe Utara berharap kepada semua perangkat daerah, tenaga pendidik, peserta didik, dan masyarakat agar terus memberikan semangat untuk kemajuan Konawe Utara dan Sulawesi Tenggara pada umumnya.

"Saya minta semangat kita untuk terus berada di depan karena Konawe Utara adalah masa depan, dengan energi besar kita, kita mampu untuk menjadikan Sulawesi Tenggara sebagai pusat energi dunia. Tuhan telah memberikan kita sumber daya alam yang luar biasa dan tantangan terberat ada pada kita semua untuk menyiapkan sumber daya manusia yang andal," jelas Ruksamin

  Pemkab Konawe Utara memberikan fasilitas laptop dan sepeda motor pada guru saat peringatan Hari Pendidikan Nasional, di Konawe Utara, Selasa (2/5/2023) (ANTARA/HO-Kominfo Konawe Utara)


Bupati Ruksamin juga mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan atas segala dedikasi, ikhtiar, kepedulian, dan perhatian yang diberikan dalam memajukan pendidikan anak bangsa Indonesia khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Terima kasih kepada dewan pendidik, kepada guru, para kepala OPD serta jajarannya yang telah berada di garda  terdepan dalam menyiapkan sumber daya manusia untuk menyongsong masa depan sesuai dengan yang kita cita-citakan," ucap Ruksamin.

Dalam pelaksanaan Upacara Hari Pendidikan tahun 2023 juga dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Pemda Konawe Utara atas dukungan dan kontribusi dalam program jaminan kesehatan nasional dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI.

Selain itu, penyerahan SK Perpanjangan dan hubungan PPPK tahun 2021, penyerahan SK pensiun yang diwakili oleh Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe Utara.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024