Kendari (ANTARA) - Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari berkomitmen terus meningkatkan keterampilan angkatan kerja di Provinsi Sulawesi Tenggara sehingga dapat terserap di dunia usaha dan industri.

"BPVP Kendari selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja Indonesia termasuk di Sultra khususnya," kata Kepala BPVP Kendari La Ode Haji Polondu di Kendari, Senin.

Ia mengatakan hal itu terkait dengan peringatan Hari Buruh Sedunia yang jatuh setiap 1 Mei.

Pihaknya memberikan keterampilan kepada para angkatan kerja sehingga dapat menolong diri sendiri, keluarganya, masyarakat umum dan berkontribusi untuk pembangunan daerah.

Dalam memperingati Hari Buruh Sedunia di daerah itu, ia mengajak seluruh buruh di Indonesia secara umum maupun di Sulawesi Tenggara secara khusus agar bisa mendapatkan penghidupan yang lebih layak.

"Kepada teman-teman buruh di mana pun berada, mari bersama berjuang untuk meraih penghidupan yang layak dan sejahtera untuk kita semua. Bekerja dari hati memberi yang terbaik untuk negeri," ujar dia.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) ini, mengajak masyarakat agar memanfaatkan keberadaan BPVP dan Balai Latihan Kerja (BLK) di seluruh Indonesia untuk meningkatkan keterampilan kerja.

"Mari manfaatkan keberadaan BPVP) atau BLK di seluruh Indonesia untuk melakukan up skilling dan reskilling bagi tenaga kerja guna menekan angka pengangguran, menciptakan tenaga kerja trampil, memperluas kesempatan kerja dan menciptakan wirausahawan mandiri untuk meningkatkan kebaikan dan kesejahteraan hidup tenaga kerja Indonesia," kata Polondu.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024