Kendari (ANTARA) - Sebanyak 45 calon taruna Akademi Polisi atau Akpol Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil lolos dalam pemeriksaan kesehatan tahap I.

Pelaksana Tugas (Ps) Kepala Bagian atau Kabag Sumber Daya Manusia (SDM) Polresta Kendari AKP Sawal Ali, S.E di Kendari Kamis, mengatakan bahwa 45 calon taruna Akpol tersebut telah melewati berbagai pemeriksaan dan seleksi yang ketat di Polresta Kendari.

“Mulai dari pengukuran tinggi badan yang diawasi langsung oleh beberapa personel dari Polri dan pengawas eksternal di luar instansi Polri dan pemeriksaan berkas bersama dari Dinas Pendidikan, dan 45 orang putra serta putri terbaik bangsa ini bisa masuk ke tahap selanjutnya,” kata Sawal Ali.

Ia juga mengungkapkan apresiasinya kepada para calon taruna Akpol tersebut. Sebab, dari seluruh pendaftar calon taruna Akpol di Polresta Kendari, semuanya dinyatakan memenuhi syarat untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Porses seleksi berkas calon taruna Akpol Polresta Kendari. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)

“Alhamdulillah, dari 45 yang mendaftar, semuanya berhasil lolos ke tahap berikutnya,” ungkap Sawal Ali.

Ia menyebutkan bahwa untuk langkah selanjutnya, pihaknya akan menyerahkan 45 calon taruna Akpol yang berhasil lolos itu ke Panitia Daerah atau Panda Polda Sultra untuk bersaing dengan calon taruna Akpol dari beberapa Polres lainnya se-Sultra pada 29 April 2023 mendatang.

“Selanjutnya mereka akan dikirim ke Panda Polda Sultra pada 29 April 2023,” ujarnya.

Sawal Ali juga membeberkan bahwa total calon taruna Akpol se-Polda Sultra yang dinyatakan lolos ke tahap berikutnya ada sebanyak 76 orang yang nantinya akan bersaing hingga berhasil lolos menjadi taruna Akpol.

“Total yang lolos ada 76 orang, nanti mereka akan bersaing di Polda Sultra untuk menjadi yang terbaik, dan di sana akan dilakukan lagi seleksi yang sangat ketat oleh panitia,” tambah Sawal ali.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024