Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiagakan 151 personel untuk menjaga empat objek wisata di wilayah hukum Polresta Kendari.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muhammad Eka Fathurrahman di Kendari, Senin, mengatakan 151 personel tersebut dibagi dalam empat lokasi wisata, yaitu Pantai Toronipa, Pantai Batu Gong, Pantai Nambo, dan Pulau Bokori.

“Pantai Batu Gong, Nambo, dan Pulau Bokori secara geografis terletak dalam Kabupaten Konawe, tetapi masih masuk dalam wilayah hukum Polresta Kendari, sedangkan Pantai Nambo terletak di Kota Kendari,” kata Muhammad Eka Fathurahman.
 

Kapolresta Kendari saat memantau pos pengamanan di Pantai Toronipa. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)


Ia menyampaikan bahwa pengamanan tersebut masih dalam suasana pengamanan hari Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah (H)/2023 Masehi (M).

“Yang mana, warga masyarakat baru selesai mengunjungi sanak keluarga untuk bersilahturahmi, kemudian setelah itu langsung mengunjungi tempat-tempat wisata,” ujarnya.

Ia membeberkan bahwa untuk jumlah personel di setiap pos pengamanan objek wisata tersebut berbeda-beda, yakni di Pantai Toronipa disiagakan 60 personel.

"Di Pulau Bokori disiagakan sebanyak 23 personel, sedangkan untuk Pantai Nambo ada sebanyak 43 personel dan Pantai Batu Gong sebanyak 23 personel,” ucap Muhammad Eka Fathurrahman.

Dia mengungkapkan bahwa dari keseluruhan personel tersebut merupakan gabungan dari personel Polresta Kendari bersama jajaran Polsek, Kepolisian Perairan dan Udara atau Polairud, Brimob Polda Sultra, TNI, dan Basarnas.

Sedangkan untuk pengunjung masing-masing empat objek wisata tersebut, lanjutnya, yaitu di Pantai Toronipa diperkirakan sebanyak 2.500 pengunjung dengan menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 250 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 300 unit.

Di Pulau Bokori ada sekitar 500 pengunjung menggunakan kendaraan roda dua 30 unit dan kendaraan roda empat 50 unit. Untuk di Pantai Nambo, kami perkirakan ada sebanyak 350 pengunjung dengan menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 20 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 15 unit.

"Kalau di Pantai Batu Gong ada sekitar 50 pengunjung dengan menggunakan kendaraan roda dua sebanyak 10 unit dan kendaraan roda empat sebanyak tujuh unit,” beber Kapolresta Kendari.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024