Kendari (ANTARA) - KH.Jakri Nappu yang menjadi khatib shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Kota Raha Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu, meminta agar umat Muslim selalu meneladani ajaran dan kehidupan Nabi Besar Muhammad SAW.

"Mari kita sambut hari raya Idul Fitri dengan rasa syukur dan bersih, serta tidak berlebihan dan membagikan sebagian rezeki kepada saudara kita yang kurang mampu karena itu merupakan pesan Rasulullah SWT," kata KH.Jakri Nappu saat menyampaikan khutbah di Masjid Al Markas Al Islami Al Munajah Kota Raha.

Menurut ulama senior asal Kota Kendari yang juga dosen di Universitas Haluoleo (UHO) itu, banyak contoh-contoh keteladanan nabi Muhammad yang harus dipedomani bila ingin bahagia di dunia dan selamat kekal di akhirat.

Hadir pada perayaan shalat Idul Fitri 1444 Hijriah itu, Bupati Muna LM Rusaman Emba dan Wakil Bupati Bahrun Labuta dan sejumlah pejabat eselon dua dan anggota dan pimpinan DPRD Muna.

"Maha besar Allah dengan segala ciptaannya. Sesungguhnya tidak semua orang menikmati takbir, tahmil apalagi dengan suasana berlebaran hari ini," ujar Jakri Nappu.

Maka bersyukurlah umat Islam hari ini masih bisa berkumpul , bersilaturahmi dengan keluarga, dengan rasa gembira setelah selesai melaksanakan puasa Ramadhan selama sebulan penuh.

Usai pelaksanaan shalat Id ribuan umat Islam yang memadati Masjid Raya Al Munajah terletak sebelah utara pelabuhan Kota Raha itu berlomba lomba bersalaman dengan Bupati dan Wakil Bupati Muna.

"Ini suasana sangat berharga bagi saya bisa bersilaturahmi sekaligus berfoto dengan orang nomor satu di Kabupaten Muna ini, " kata Farhan, salah seorang warga asal Kota Kendari yang berlebaran di kampung halaman orang tua di Kota Raha.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024