Kendari (ANTARA) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, menyampaikan bahwa trip feri lintasan Torobulu-Tampo (Konawe Selatan-Muna) sudah diberlakukan 24 jam untuk melayani arus mudik Idul Fitri 1444 Hijriah.

General Manager PT ASDP Cabang Baubau, Rudy Mahmudi di Baubau, Senin, mengatakan pemberlakuan tersebut sudah mulai sejak Minggu (16/4) karena sudah ada peningkatan arus pemudik yang signifikan sehingga aktifitas pelayanan sudah beroperasi selama 24 jam.

"Jadi kami juga sudah koordinasi dengan BPTD, UPTD, Dishub, TNI, dan Polri berkaitan dengan hal ini," katanya.



Ia mengatakan, tiga kapal dioperasikan di rute tersebut yakni KMP Teluk Cendrawasih, KMP Nuku, dan KMP Pulau Rubiah yang pada hari ini (17/4) sudah selesai menjalani docking atau perawatan rutin tahunan.

"Artinya sudah tiga kapal dilayani di lintasan tersebut. Dan kondisinya disana memang cukup padat lancar," ujarnya.

Untuk lintasan komersil lainnya yakni Amolengo-Labuan (Konsel-Butur) dan Baubau-Waraa (Baubau-Buteng) masih berjalan aman, lancar dan belum terlalu ada kepadatan pemudik.

Dia memprediksi puncak kepadatan penumpang kedua lintasan komersil tersebut juga akan mulai pada 18-19 April 2023.

Ia mengatakan, di lintasan Amolengo-Labuan itu dua armada kapal dioperasikan yakni KMP Rajawali dan KMP Semumu beroperasi, begitu juga di jalur Baubau-Waara saat ini dilayani oleh KMP Sultan Murhum dan KMP Inerie.

"Untuk KMP Tenggiri saat ini masih menjalani docking di Kendari, dan kami tetapi berusaha untuk bisa selesai docking sehingga bisa membantu pelayanan di lintasan Baubau-Waara. Insya Allah kalau tidak ada halangan atau hambatan, KMP Tenggiri diprediksi pada 20 atau 21 April 2023 kemungkinan bisa operasi di lintasan tersebut," katanya.



ASDP Cabang Baubau melayani sebanyak 15 lintasan yang terdiri dari 12 lintasan perintis dan 3 komersil. Ke-12 lintasan perintis tersebut sampai saat ini masih normal.

Pada musim arus mudik Lebaran tahun ini, kata dia, pihaknya memprediksi peningkatan penumpang mencapai 30-40 persen dari tahun sebelumnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: ASDP sebut trip feri Torobulu-Tampo layani arus mudik 24 jam

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024