Kendari (ANTARA) - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) milik TNI Angkatan Laut, yakni Spica-934 bersandar di Dermaga Pelabuhan Murhum Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Berdasarkan keterangan tertulis Penerangan Lanal Kendari diterima Minggu menyebut, Pos TNI AL Baubau yang berada di bawah jajaran Lanal Kendari laksanakan merplug kedatangan KRI Spica-934, bertempat di Dermaga Finger 2 Pelabuhan murhum Kota Baubau.

KRI Spica-934 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Deirus Rizki Khair merupakan salah satu unsur Satuan Kapal Bantu Hidro Oseanografi yang saat ini sedang melaksanakan operasi.

"Selain itu dalam rangka bekal ulang logistik dan melakukan beberapa pengecekan kapal sebelum melanjutkan tugas operasi," kata Letkol Deirus.

Dia menyampaikan Hal ini merupakan tugas pokok Lanal Kendari maupun jajarannya dalam mendukungan terhadap sistem senjata armada terpadu (SSAT) mulai KRI, marinir, pesawat udara, dan pangkalan.

"Fungsi pangkalan 5R yaitu rebased, refuelling, replenishment, repair, dan rest and recreation bagi unsur-unsur TNI AL lainnya dalam SSAT," ujar dia.

Turut hadir dalam giat merplug Danposal Baubau Lettu Mar Catur Suryo dan seluruh prajurit Posal Baubau.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024