Kendari (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) menambah armada kapal feri untuk mengantisipasi kepadatan penumpang menjelang Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Dishub Sultra Muhammad Rajulan di Kendari, Selasa, mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan ASDP terkait dengan arus mudik Lebaran tahun 2023.

“Kami sudah koordinasi dengan ASDP sebagai pihak penyedia kapal, mereka akan mendatangkan satu kapal lagi untuk membantu mengurai kepadatan penumpang yang ada,” kata Rajulan saat ditemui di ruangan kerjanya

Ia menyebutkan tambahan kapal dari ASDP itu akan dioperasikan di Pelabuhan Amolengu-Labuan, karena dari tiga penyeberangan yakni Amolengu-Labuan, Baubau-Waara, dan Torobulu-Tampo, Pelabuhan Amolengu-Labuan yang paling sering menjadi titik kepadatan penumpang.

Saat ini, lanjutnya, Pelabuhan Amolengu-Labuan dilayani oleh dua armada kapal dan kapal tambahan dari ASDP  nantinya digunakan untuk membantu dua kapal tersebut, sehingga ia berharap tingkat kepadatan pada saat H-7 Lebaran sudah bisa diurai.

“Kalau misalnya tiba-tiba ada trouble atau kerusakan kapal di salah satu pelabuhan, ini (kapal tambahan) bisa membantu,” ujar Rajulan.

Ia memprediksi arus mudik Lebaran tahun ini tidak akan sepadat seperti tahun sebelumnya. “Untuk tahun ini tentu tidak sepadat tahun kemarin. Tahun kemarin (2020-2021) kan kita sempat tidak melakukan aktivitas karena COVID-19 dua tahu, sehingga pada 2022 dibuka itu membludak,” ucapnya.  

Meski begitu dia mengungkapkan bahwa pihaknya tetap berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, baik dari aparat keamanan Polri dan TNI maupun instansi lainnya.

“Untuk persiapan angkutan laut, kami koordinasi dengan pihak penyedia jasa angkutan kapal dalam hal ini ASDP, juga kesiapan dari pengawas di BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat), juga dengan KSOP (Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan),” kata Rajulan.

Dia menjelaskan bahwa dengan dilakukannya berbagai persiapan itu, pihaknya berharap transportasi untuk penyiapan Lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M bisa berlangsung dengan baik.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024