Kendari (ANTARA) -
Pemerintah Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara bersama PT Pos Indonesia menyerahkan bantuan sosial (bansos) sembako secara tunai kepada 1.167 keluarga penerima manfaat (KPM) di daerah itu.
 
Penjabat Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu di Kendari, Kamis, mengatakan total bantuan tersebut diberikan sebesar Rp600 ribu per KPM untuk tiga bulan, terhitung sejak Januari hingga Maret 2023, dengan penghitungan per bulan sebesar Rp200 ribu.
 
Ia menyebutkan jumlah KPM bansos sembako tunai untuk triwulan pertama ini sebanyak 1.167 KPM tersebar di 11 kecamatan di Kota Kendari, sedangkan total anggaran penyaluran bansos Rp14 miliar.
 
“Jumlah ini tetap patut untuk kita syukuri, sembari tentu kita tetap berharap bahwa jumlah ini dapat terus ditekan sehingga hal tersebut dapat menjadi pertanda bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat, khususnya di Kota Kendari semakin meningkat,” kata dia.
 
Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) itu, berharap dengan ribuan KPM bansos sembako tunai itu, ke depannya mengalami penurunan beban pengeluaran dalam rumah tangga sehingga terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.
 
Akan tetapi, kata pria yang menjabat sebagai orang nomor satu di Pemkot Kendari itu, meminta semua pihak bekerja sama dalam mengentaskan kemiskinan di wilayah "Kota Lulo" --sebutan untuk Kendari.
 
“Alhamdulillah kami didampingi kepala BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) Sultra dan pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait dengan itu melakukan pengawasan penyaluran ataupun distribusi bantuan sembako itu,” kata Asmawa Tosepu.
 
Pria yang ditunjuk langsung Mendagri RI Tito Karnavian untuk memimpin sementara Pemkot Kendari itu, menjelaskan bahwa penyaluran bansos sembako yang dilakukan secara tunai tersebut untuk meringankan beban masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan dasar dan bukan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif lainnya.
 
“Setelah penyaluran bansos triwulan pertama ini akan dilakukan evaluasi terhadap masyarakat atau KPM,” ucap dia.

Ia menambahkan penyaluran bansos sembako tunai itu bakal dilakukan secara bertahap hingga 31 Maret 2023.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024