Baubau (ANTARA) - Perum Bulog Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, menjamin stok minyak goreng, gula pasir dan tepung terigu di daerah tersebut mencukupi dan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Suci Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Sekarang yang siap itu ada minyak goreng kurang lebih 18 ribu liter, gula pasir 20 ton, dan tepung terigu 2 ton," kata Pemimpin Cabang Bulog Baubau Muh Akbar Said di Baubau, Selasa.

Menurut dia, ketiga komoditas tersebut akan ada penambahan untuk kesiapan stok bagi masyarakat yang membutuhkan menjelang perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri maupun setelah Lebaran 2023.

"Jadi Insya Allah bisa mencukupi, sehingga masyarakat tidak perlu ragu," katanya.

Akbar juga mengatakan bahwa ketiga bahan pokok itu rencana akan disebar di pasar-pasar dan kios-kios yang membutuhkan sehingga ketersediaan komoditas tersebut akan semakin memudahkan masyarakat mendapatkannya.

"Kami akan tawarkan kepada pedagang-pedagang di pasar siapa yang butuh akan kita antarkan. Kami juga telah menugaskan anggota untuk turun ke pasar mengecek pedagang-pedagang yang membutuhkan ketiga komoditas itu," ujar dia.

Dia menyampaikan penyaluran komoditas-komoditas tersebut ke pasar untuk memenuhi kebutuhan pasar agar masyarakat lebih mudah mendapatkan ketiga bahan pokok tersebut termasuk sebagai upaya pengendalian harga.

Lebih lanjut Akbar mengatakan bahwa bahwa pihaknya juga membuka penjualan bagi masyarakat yang ingin membeli kebutuhan pokok tersebut. Bahkan pihaknya juga menawarkan program Paket Ramadhan Murah dengan menyiapkan dua pilihan paket yakni, paket Rp100 ribu dan Rp150 ribu.

"Jadi masyarakat bisa membeli ke Bulog, paket minyak goreng, gula pasir, tepung terigu dan beras 10 kg," ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa saat ini kesiapan beras di Bulog Baubau yang ada hanya beras premium sekitar 35 ton.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024