Kendari (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara menyiapkan uang kartal senilai Rp1,9 triliun untuk melayani masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang pecahan kecil selama bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Bank Indonesia Sultra Doni Septadijaya di Kendari, Senin mengatakan pihaknya menyiapkan uang kartal rupiah pecahan kecil mulai Rp2.000 hingga maksimal Rp20.000 untuk melayani masyarakat melakukan penukaran uang.

"Kami menyediakan sekitar Rp1,9 triliun dari pecahan kecil sampai dengan maksimal Rp20 ribu yang bisa ditukarkan masyarakat umum dalam rangka menyambut Ramadhan dan Idul Fitri," katanya usai meluncurkan Program Semarak Rupiah Berkah Ramadhan dan Idul Fitri (Serambi).

Doni menyampaikan, layanan penukaran uang kartal dilakukan pihaknya dengan melibatkan seluruh perbankan yang ada di wilayah Sulawesi Tenggara.

Menurut Doni, uang kartal senilai Rp1,9 triliun yang disiapkan pihaknya akan mencukupi kebutuhan uang tunai masyarakat sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Dia mengungkapkan, dalam membantu masyarakat melakukan penukaran uang kartal pecahan kecil, pihaknya telah menyiapkan mobil kas keliling yang tersebar di 99 titik se-Sulawesi Tenggara.

"Kami Bank Indonesia itu setiap tahun mengadakan pelayanan kas keliling. Pelayanan kas kali ini ada 99 titik, itu bertambah tiga titik dari tahun sebelumnya," pungkas Doni.

  Kepala Bank Indonesia Sultra Doni Septadijaya di Kendari, Senin (27/3/2023) (ANTARA/Harianto)



Ia menerangkan, pihaknya menyiapkan 99 mobil kas keliling yang akan melayani penukaran uang pecahan kecil.

Dia menyebut, khusus di area Kota Kendari, sebanyak 15 unit mobil kas keliling telah disiapkan. Sedangkan sisanya akan tersebar 16 kabupaten/kota se-Sultra.

"Itu mobil akan melayani penukaran uang keliling terutama yang Bank Indonesia dan untuk perbankan nanti akan melayani di masing-masing kantor banknya terutama daerah yang mempunyai cabang bank. Di Kendari mobil kas keliling yang disiapkan ada 15 unit, belum lagi dari daerah-daerah yang lain," tutur Doni.

Lebih lanjut Doni mengatakan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kas keliling ataupun untuk mengetahui jadwal layanan penukaran uang, BI Sultra menyediakan aplikasi “Si Pintar” atau aplikasi penukaran dan tarik uang rupiah.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024