Kendari (ANTARA) -
Tim Seleksi (Timsel) Calon Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengumumkan sebanyak 10 nama calon anggota KPU Sultra yang lolos tes kesehatan dan wawancara.

Anggota Timsel Calon Anggota KPU Sultra Jamhir Safani saat dihubungi Sabtu, mengatakan bahwa 10 nama tersebut merupakan peserta yang lolos dari 20 nama yang mengikuti tahapan tes kesehatan dan wawancara yang digelar pada 16-21 Maret 2023.
 
"20 nama yang mengikuti tes kesehatan dan wawancara, dan yang lolos ada 10 nama," kata Jamhir Safani.

Mantan Calon Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) itu menyebutkan bahwa 10 nama yang lolos itu berdasarkan hasil penilaian secara kumulatif.
 
"Jadi, penilaian dari tes kesehatan dan wawancara itu menggunakan metode masing-masing," ujar Jamhir Safani.
 
Ia menerangkan bahwa terkuat dengan tes kesehatan yang dilakukan bersifat determinatif. Di mana tiga komponen dari penilaian, yakni jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh petugas kesehatan dari Rumah Sakit (RS) Dr. Ismoyo Kendari.
 
"Adapun penilaian determinatif-nya ada tiga kategori, yakni direkomendasikan, bisa dipertimbangkan, dan tidak direkomendasikan," jelasnya.
 
Maksud dari direkomendasikan dan bisa pertimbangkan itu, lanjutnya, artinya lulus. Sementara tidak dipertimbangkan, yaitu gagal melaju ke tahap berikutnya.
 
"Dari semua yang lulus, tidak ada yang tidak direkomendasikan, semuanya direkomendasikan," tuturnya.
 
Untuk tes wawancara, kata Jamhir, terdapat empat komponen penilaian, yaitu pengetahuan terkait kepemiluan, ketatanegaraan, kepartaian, dan kelembagaan penyelenggaraan Pemilu. Setelah itu, dari ke empat komponen itu kemudian dilakukan perengkingan.
 
"Semua anggota Timsel menilai para calon ini, kemudian nilai dari ke lima Timsel digabung dan di-akumulasi, lalu di-rangking. Mereka yang masuk satu sampai 10 itu yang lulus," ungkapnya.

Ia menyampaikan bahwa tahapan selanjutnya, pihaknya akan menyerahkan 10 nama tersebut ke KPU Republik Indonesia (RI) untuk menjalani tes terakhir.
 
"Mereka akan mengikuti tes fit and proper test di KPU pusat dan setelah itu diumumkan lima nama itu akan di Lantik jadi anggota KPU Sultra periode 2023-2028," tutupnya.
 
Adapun 10 nama yang dinyatakan lolos tes kesehatan dan wawancara, yaitu sebagai berikut:
 
1. Abdul Rajab
 
2. Amiruddin
 
3. Asril
 
4. Awaluddin Usa
 
5. Hamiruddin Udu
 
6. Hazamuddin
 
7. Muhammad Mu'min Fahimuddin
 
8. Suprihaty Prawaty Nengtias
 
9. Syawal Sumarata
 
10. Wa Ode Nur Iman

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024