Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca di Sulawesi Tenggara (Sultra), khususnya di wilayah Kabupaten Kolaka dan sekitarnya, Selasa (14/3) masih berpotensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hingga siang hari.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam rilis yang diterima, Selasa, menyebutkan di wilayah kabupaten Kolaka ada kecamatan yang berpotensi hujan, yakni Wundulako, Pomalaa, Tanggetada, Toari, Polinggona dan sekitarnya.



"Dapat juga meluas ke wilayah kabupaten lain, seperti, Kabupaten Muna, Bombana, Kolaka Utara, Kolaka Timur dan Muna Barat," sebutnya.

Di kabupaten Muna, kata Faizal, diperkirakan hujan sedang hanya di kecamatan Kabangka, di Kabupaten Bombana di kecamatan Poleang, dan Poleang Barat, di Kabupaten Kolaka Utara di wilayah kecamatan Wawo.

Begitu juga si Kabupaten Kolaka Timur meliputi kecamatan Loea, Ladongi, Poli Polia, Lalolae, Mowewe, dan kecamatan Aere. Di Kabupaten Muna Barat di kecamatan Tiworo Selatan, Maginti, Tiworo Tengah, dan sekitarnya.

"Kondisi hujan ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 12.50 Wita," tuturnya.



Adapun suhu udara antara 23 - 32 derajat Celsius dengan kelembaban udara 65 - 95 persen, dengan kecepatan angin bertiup dari barat daya - barat laut 2- 20 kilometer per jam.

Faizal menambahkan meskipun secara umum di Sulawesi Tenggara mulai cerah berawan, masyarakat diimbau untuk tetap waspada karena cuaca ekstrem berubah dengan intensitas yang berbeda-beda.

Pewarta : KAbdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024