Kendari (ANTARA) - Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) melakukan pengecekan sarana penunjang dan fasilitas sistem senjata armada terpadu (SSAT) yang ada di pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari.

Kasi Faspesud Subdis Fasdukmat Disfaslanal Mabesal Letkol Laut (T) Ndang Subianto di Kendari, Senin mengatakan pengecekan tersebut dilakukan untuk mengetahui sarana pendukung atau fasilitas apa saja yang dianggap kurang dan perlu dibenahi ataupun ditambah.

"Pengecekan dan peninjauan ini untuk memastikan kelayakan seluruh sarana pendukung maupun penunjang serta fasilitas SSAT di Lanal Kendari tercukupi dan berfungsi dengan baik," katanya.

Dia menyampaikan dengan melakukan pengecekan sarana pendukung maupun penunjang serta fasilitas sistem senjata armada terpadu di Lanal Kendari, dengan begitu dapat diketahui sarana pendukung dan penunjang ataupun fasilitas apa saja yang dianggap kurang dan perlu dibenahi serta ditambah.

Tim dari Mabesal mengaku masih ada beberapa sarana dan fasilitas SSAT yang memang perlu dilengkapi dan dibenahi, seperti sarana pendukung berupa instalasi listrik dan air di pangkalan atau dermaga sandar kapal belum tersedia. Selain itu, fasilitas pertahanan darat berupa pemagaran pangkalan atau Mako untuk antisipasi keamanan.

"Secara pokok utama sudah memenuhi cuma ada beberapa fasilitas pendukung yang harus dilengkapi dan dibenahi seperti di dermaga fasilitas sandarnya dukungan instalasi listrik dan air belum ada, ke depannya kita akan adakan," ucap dia.

Sementara itu, Pabandya Prograr Skomlek Koarmada RI Letkol Laut (P) Fakrul Zakinudin menambahkan, untuk sistem persenjataan, Tim Mabesal menilai sudah cukup, tinggal sedikit penambahan sistem pertahanan udara.

"Mengenai sistem persenjataan sesuai standarisasi pangkalan saya rasa sudah cukup tinggal penambahan perkuatan sistem pertahanan udara. Senjata yang ada di sini untuk sistem pertahanan udara sudah standar nanti perlu penambahan perkuatan pertahanan udaranya," kata Letkol Fakrul.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024