Kendari (ANTARA) - Kapolres Konawe Selatan, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) AKBP Wisnu Wibowo meminta kepada masyarakat di Kabupaten ini untuk mengaktifkan kembali pos kamling.

Hal itu diungkapkannya saat dia menggelar ngopi bareng bersama masyarakat di Desa Pamandati, Kecamatan Lainea, Kabupaten Konsel, Sultra. Turut hadir dalam kegiatan ngopi bareng tersebut, yakni Kasat Binmas Polres Konsel AKP Ilham Tahir dan Kapolsek Watumeeto Iptu Purnomo, serta Kepala Desa (Kades) Pamandati M. Agus.

AKBP Wisnu Wibowo mengatakan pengaktifan pos kamling itu untuk menjaga lingkungan dari segala tindak kejahatan.

“Saya berharap warga masyarakat khususnya di Desa Pamandati ini mengaktifkan kembali pos kamling untuk menjaga lingkungan kita dari segala bentuk aksi kejahatan,” kata AKBP Wisnu Wibowo.

Dia menjelaskan hal itu dilakukan terutamanya untuk meminimalisir terjadinya gangguan kamtibmas terutama berkaitan dengan tindak pidana pencurian.

Dalam kesempatan ngopi bareng itu, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo juga mendengarkan beberapa curhat atau masukan dari masyarakat setempat terkait dengan kendaraan roda dua dan roda empat yang menggunakan knalpot racing atau brong yang sangat meresahkan warga sekitar.

“Beberapa masyarakat keluhkan terkait dengan kendaraan roda dua dan roda empat yang menggunakan knalpot racing,” ucap AKBP Wisnu Wibowo..

Menanggapi hal tersebut, kata orang nomor satu di Polres Konsel itu, pihaknya akan langsung menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat Desa Pamandati, Kecamatan Lainea, Kabupaten Konsel, Sultra itu.

Dia akan mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak menggunakan knalpot brong yang dapat mengganggu masyarakat.

“Kami akan memberikan imbauan kepada pengendara roda dua dan roda empat, maupun bengkel-bengkel di daerah itu agar tidak memasang knalpot racing,” ungkap AKBP Wisnu.

Polisi berpangkat dua bunga melati itu menuturkan dengan bagaimanapun, pihaknya akan berupaya untuk mengedepankan tindakan persuasif kepada para pengendara roda dua dan roda empat.

"Akan kami kedepankan Satuan Lalu Lintas dan Bhabinkamtibmas Polres Konsel untuk memberikan penyuluhan terkait knalpot brong,” ucap AKBP Wisnu.

 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024