Kendari (ANTARA) -
Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XLVIII Kodim 1413/Buton menggelar bakti sosial berupa donor darah untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-77 Persit KCK.
 
Komandan Kodim 1413/Buton Letkol Arm Muhammad Faozan dalam keterangan tertulisnya Senin, mengatakan, kegiatan tersebut bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Baubau.
 
"Kami bekerja sama dengan PMI Kota Baubau," katanya.
 
Dia menyebutkan, donor darah itu diikuti oleh personel TNI, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan Persit KCK Kodim 1413/Buton yang dilaksanakan di Balai Manunggal Kodim tersebut.
 
"Kegiatan donor darah ini sebagai bentuk kepedulian Persit Kartika Chandra Kirana kepada sesama yang membutuhkan bantuan darah," lanjutnya.
 
Selain itu, kata Letkol Arm Faozan, kegiatan tersebut juga sekaligus untuk mengecek kesehatan para prajurit dan ASN Kodim 1413/Buton serta anggota persit KCK Cabang XLVIII.
 
"Harapannya semoga pada ulang tahun ke-77, Persit Kartika Chandra Kirana semakin sukses di masa yang akan datang," ucapnya.
 
Dia menuturkan bahwa kegiatan donor darah itu pula merupakan bentuk untuk menebar kebaikan kepada sesama, dengan meningkatkan aksi kemanusiaan agar bermanfaat bagi masyarakat.
 
Kegiatan donor darah itu pula, kata dia, merupakan momen untuk menebar kebaikan kepada sesama, dengan meningkatkan aksi kemanusiaan agar bermanfaat bagi masyarakat.
 
"Tentunya diharapkan dengan donor darah ini dapat menambah persediaan darah di PMI guna membantu masyarakat yang membutuhkan," katanya.
 
Komandan Kodim 1413/Buton itu juga berharap agar bakti sosial berupa donor darah itu dilakukan secara berkelanjutan untuk membantu stok darah di PMI Kota Baubau.
 
"Harapan kita darah yang terhimpun dari kegiatan bakti sosial ini dapat berkontribusi bagi pasien atau masyarakat yang membutuhkan transfusi darah," tuturnya.
 
Letkol Arm Faozan juga menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan donor darah tersebut dilakukan, kegiatan lainnya berupa pemeriksaan kesehatan dari Posko Kesehatan (Poskes) 07.10.20 Baubau juga dilakukan. Di mana kegiatan tersebut melibatkan beberapa pihak yang bekerja sama, yakni Dinas Kesehatan Kota Baubau, Puskesmas Wolio, dan Puskesmas Bukti Wolio Indah.
 
"Medical cek-up meliputi pemeriksaan gula darah, asam urat, kolesterol, HIV, dan tes sipilis," ujarnya.

Pewarta : Yuaran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024