Kendari (ANTARA) - Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari, Sulawesi Tenggara melakukan aksi sosial donor darah guna membantu mengisi ketersediaan suplai di Palang Merah Indonesia (PMI).

Plt Kepala Basarnas Kendari Rudi di Kendari, Jumat mengatakan bakti sosial donor darah yang dilaksanakan menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka pembinaan HUT ke-51 Basarnas pada 28 Februari 2023.

“Kegiatan donor darah ini merupakan rangkaian
kegiatan dalam rangka membayar HUT ke-51 Basarnas dan semoga ini bisa bermanfaat dalam mendukung Palang Merah Indonesia menyediakan darah bagi saudara-saudara kita yang sakit yang membutuhkan transfusi darah," katanya.

Dia menyampaikan kegiatan yang sedang berlangsung di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kendari merupakan kerja sama dengan pihak PMI Provinsi Sulawesi Tenggara.

Rudi menyebut kegiatan sosial tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 54 kantong darah dengan rincian golongan darah A sebanyak 8 kantong, golongan darah B sebanyak 18 kantong, golongan darah O sebanyak 26 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 2 kantong.

Kegiatan donor darah tersebut diikuti pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan ( KPP ) atau Basarnas Kendari, DWP KPP Kendari.

Aksi sosial tersebut juga diikuti sejumlah personel dari Polda Sultra, Korem 143/ Haluoleo , Lanal Kendari, Lanud Haluoleo, Brimob Polda Sultra, Polair Polda Sultra, Polres Kendari, Damkar Kota Kendari, TBM Ischiadictus Fakultas Kedokteran UHO Kendari hingga UKM SAR UHO Kendari.

Dia berharap kantong darah yang terkumpul tersebut dapat disalurkan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan.

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pihak-pihak yang membantu sehingga pelaksanaan kegiatan donor darah ini berlangsung dengan sukses. Semoga dengan ini, kami dapat membantu saudara-saudara kita yang saat ini sedang membutuhkan transfusi darah," kata Rudi .

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024