Kendari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana tahun 2022 di Markas Komando (Mako) Satuan Brimob Polda Sultra, Kamis. 

Turut hadir dalam apel tersebut, yaitu TNI, Sat Brimob, Basarnas Kendari, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (Dinsos) Sultra,  Manggala Agni, Polairud Polda Sultra, Samapta Polda Sultra, dan Samapta Polresta Kendari.

Kepala Biro (Karo) Ops Polda Sultra Kombes Pol Tumpal Damayanus, mengatakan apel tersebut digelar untuk mengetahui kesiapan seluruh personel dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam.

"Baik dari kesiapan personel, kesiapan sarana, ataupun kesiapan prasarana, serta kesiapan dukungan logistik lainnya," kata Kombes Pol Tumpal Damayanus.

Ia mengungkapkan bahwa kesiapsiagaan terhadap bencana alam tentunya pasti akan melibatkan semua pihak, baik dari pemerintahan, maupun masyarakat itu sendiri.

Dalam mempersiapkan diri, lanjutnya, untuk mengantisipasi semua potensi bencana itu, maka dilakukan lah persiapan personel dan peralatan penanggulangan bencana.

"Melalui Apel Kesiapsiagaan Bencana ini, diharapkan upaya penanggulangan bencana di Provinsi Sulawesi Tenggara bisa cepat diatasi, semua pihak juga sudah mengetahui agar secepatnya berkoordinasi dengan baik dan juga berkolaborasi di lapangan sehingga misi kemanusiaan dapat terwujud dan target operasi dalam penyelamatan jiwa manusia dan harta benda dapat diminimalisasi serta dapat, berjalan dengan baik dilandasi motto pengabdian Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan” bebernya.

Ia mengajak semua pihak agar terlibat dalam penanggulangan terhadap bencana alam.

“Dalam kesempatan ini, Saya juga mengingatkan agar semua pihak yang terlibat dalam penanggulangan bencana tetap menjaga kesehatan dan stamina fisik serta yang terpenting adalah agar menjaga keselamatan diri,” jelasnya.

Kombes Pol Tumpal Damayanus berharap agar seluruh pejabat yang menghadiri apel tersebut  untuk memberikan arahan kepada seluruh pasukan yang siap turun langsung ke lapangan untuk melaksanakan tugas kemanusiaan

Rangkaian apel itu diakhiri dengan pemeriksaan perlengkapan, personel,dan kendaraan yang siap digunakan oleh masing-masing instansi dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana Alam di wilayah Provinsi Sultra Tahun 2023.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024