Kendari (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari berharap peringatan Isra Mi'raj dapat membentuk prajurit tangguh yang dilandasi ketakwaan dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT.

"Makna dari kegiatan Isra Mi'raj yang telah dilaksanakan adalah diharapkan kepada seluruh prajurit semakin tangguh dan terus meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata Letkol Laut (P) Abdul Kadir di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin.

Pangkalan TNI Angkatan Laut Kendari menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah 2023 Masehi di Masjid An-Nur Lanal Kendari.

Prajurit dan PNS serta prajurit Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kerapu 812 yang sedang sandar di dermaga Lanal Kendari, mengikuti peringatan Isra Mi’raj dengan menghadirkan penceramah Ustadz H. Ardi dan seorang Qori bernama Putri.

"Kalau melihat dari apa yang disampaikan oleh penceramah tadi bahwasanya Isra Mi'raj ini adalah perintah dari Tuhan, Allah SWT kepada umat manusia khususnya beragama Islam atau Muslim untuk melaksanakan ibadah shalat lima waktu," ujar Danlanal.

Oleh karena itu, dia berharap agar di momen peringatan peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, yang merupakan peristiwa penting dalam sejarah Islam, dapat membentuk karakter prajurit yang tidak hanya tangguh melainkan dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Kaitannya dengan prajurit adalah diharapkan dengan melaksanakan ibadah shalat lima waktu akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta kedisiplinan, karena disiplin ini menjadi kunci dari kesuksesan suatu organisasi," ujar Danlanal.


  Peringatan Isra Mi'raj Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari, Senin (20/2/2023) (ANTARA/Harianto)



Lanal Kendari menggelar peringatan Isra Mi'raj dengan mengusung tema 'Shalat Membentuk Karakter Patriot NKRI Yang Tangguh'. Kegiatan Isra Mi'raj oleh Lanal Kendari diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama.

Letkol Laut (P) Abdul Kadir menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung terhadap perayaan ataupun peringatan hari-hari besar keagamaan, bukan hanya bagi yang beragama Islam, tetapi agama-agama lain yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), akan diperingati oleh Lanal Kendari.

"Termasuk Natalan, kita laksanakan Natalan bersama. Kemudian perayaan Nyepi bagi umat Hindu kita mendukung, kita memberikan izin seluas-luasnya kepada anggota Lanal Kendari yang beragama Hindu. Intinya kegiatan keagamaan ini Lanal Kendari mendukung semuanya," kata Letkol Laut (P) Abdul Kadir.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024