Kendari (ANTARA) - Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse telah mengajukan satu nama untuk menjadi Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Baubau kepada Gubernur Sulawesi Tenggara.

Wali Kota La Ode Ahmad Monianse, di Baubau, Senin, mengatakan, pengajuan satu nama untuk Pj Sekda dari aparatur sipil negara Pemkot daerah itu telah dilakukan sepekan lalu, dan saat ini pihaknya tinggal menunggu jawaban dari Gubernur Sultra, Ali Mazi.

"Kami tinggal menunggu ini tanggapan gubernur, kalau sudah tanggapan gubernur oke kami akan lantik, kalau masih ada yang harus diperbaiki kami akan perbaiki," ujarnya.

Saat ini Sekda Baubau diisi pelaksana harian (Plh) oleh Asisten I Pemkot Baubau, MZ Tamsir Tamim, menggantikan Roni Muhtar yang telah diberhentikan.

"Jadi sampai saat ini untuk menjalankan fungsi administrasi pemerintahan di Kota Baubau kami telah mengangkat Plh (Pelaksana harian) Sekda sambil kemudian mengajukan nama ke gubernur untuk Pj Sekda," ujar Ahmad Monianse tanpa menyebut nama yang diajukan tersebut.

Kata dia juga, Pj Sekda tersebut nantinya akan menyiapkan lelang jabatan untuk Sekda definitif, dan kalau tenggang waktu tertentu belum (ada sekda definitif), gubernur nanti akan mengirimkan lagi Pj di daerah itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse resmi memberhentikan Roni Muhtar dari jabatan Sekda Baubau per tanggal 31 Januari 2023. Dasar pemberhentian itu karena merujuk ketentuan perundang-undangan masa jabatan pimpinan tinggi pratama hanya dapat diduduki paling lama 5 tahun.

Di samping itu juga memperhatikan rekomendasi tim evaluasi pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Baubau, diputuskan untuk tidak memperpanjang masa jabatan Roni Muhtar sebagai Sekda Baubau.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024