Baubau (ANTARA) - Kepolisian Resor Baubau, Polda Sulawesi Tenggara menurunkan puluhan personel dalam rangka pengamanan Tahun Baru Imlek 2574 tahun 2023 di wilayah daerah tersebut.

Kabag Ops Polres Baubau Kompol Suriadin dalam keterangan tertulisnya diterima di Baubau, Minggu mengatakan dua lokasi ibadah Imlek yang menjadi sasaran pengamanan yakni di Vihara Buddhata Maitreya Kelurahan Bataraguru, Kecamatan Wolio dan Vihara Cakrawala, Kelurahan Wangkanapi, Kecamatan Wolio Kota Baubau.

"Kedua lokasi itu masing-masing anggota ditugaskan sebanyak 22 personel. Personel polsek jajaran Polres Baubau juga melaksanakan patroli cipta kondisi guna mengantisipasi malam perayaan tahun baru Imlek tahun 2023," katanya.

Ia mengatakan, pengamanan Tahun Baru Imlek ini berdasarkan Surat Perintah Kapolres Bau-Bau Nomor : Sprin/59/I/2023 tanggal 20 Januari 2023 tentang pelaksanaan pengamanan perayaan tahun baru imlek 2574 tahun 2023 di wilayah Hukum Polres Baubau dengan sasaran pengamanan yaitu vihara-vihara yang ada di wilayah hukum polres daerah itu serta kegiatan masyarakat lain yang merayakan tahun baru imlek.

Lebih lanjut Kabag Ops Suriadin mengatakan bahwa tujuan dari pengamanan ibadah perayaan Imlek untuk menjamin rasa aman bagi umat Budha yang melaksanakan perayaan ibadah tahun baru Imlek di vihara maupun di tempat lain.

"Kami memiliki tugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dan salah satu tugas kami menjaga keamanan dalam pelaksanaan ibadah perayaan tahun baru Imlek dari Umat Budha dan warga yang beribadah di vihara dalam Kota Baubau," ujarnya.

Pihaknya berharap semua umat Budha yang merayakan Tahun Baru Imlek 2023 ini dapat mengikuti ibadah dengan lancar dan tertib tanpa mengalami gangguan kamtibmas selama pelaksanaan ibadah.

 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024