Kendari (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari berharap Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Sulawesi Tenggara menjadi sumber informasi yang edukatif bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Karena kita tahu informasi itu penting, namun apabila informasi itu salah disebarkan di luar maka akan menimbulkan opini yang negatif untuk kita, khususnya kami di aparat TNI Angkatan Laut yang ada di Sultra," katanya di sela melakukan silaturahmi ke Kantor Berita ANTARA Biro Sultra, di Kendari, Senin.

Dia berharap pula seluruh insan pers khususnya yang bekerja di LKBN ANTARA Biro Sultra dalam melakukan peliputan selalu mengutamakan kaidah-kaidah yang telah ditetapkan dalam dunia jurnalistik salah satunya verifikasi setiap informasi yang diterima sebelum dibuat menjadi produk berita.

"Kalaupun misalnya Lanal Kendari nanti ada hal-hal yang diberitakan kurang, atau ke arah yang negatif, harapan kami dapat diimbangkan dengan peliputan berita yang positif dan dikroscek kebenarannya," ujar dia.

Menurutnya peran media sangat vital di era teknologi 4.0 dalam menyebarluaskan informasi hingga ke seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, pihaknya membangun kerja sama dengan LKBN ANTARA agar seluruh kegiatan Lanal Kendari dapat terpublikasi.

"Dengan berkunjung di Kantor Berita ANTARA ini, kami harap bisa menjalin kerja sama yang lebih erat lagi, artinya segala pemberitaan-pemberitaan atau kegiatan-kegiatan TNI Angkatan Laut di Sulawesi Tenggara dapat diliput sehingga ada perimbangan berita," tutur Danlanal.

Danlanal menambahkan pihaknya menjalin silaturahmi bersama media juga merupakan instruksi pimpinan TNI Angkatan Laut agar satuan komando kewilayahan khususnya di Provinsi Sulawesi Tenggara dapat bersinergi dengan insan pers.

"Artinya kegiatan TNI Angkatan Laut tidak akan terpublikasi dengan baik tanpa adanya dukungan dari teman-teman media yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara," kata Danlanal.
  Kepala Kantor Berita ANTARA Biro Sultra Hernawan Wahyudono (kanan) saat menjelaskan sejarah terbentuknya Kantor Berita ANTARA 85 tahun silam kepada Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari (tengah) dan jajarannya, Senin (16/1/2023)

Kepala LKBN ANTARA Biro Sultra Hernawan Wahyudono mengatakan pihaknya sebagai kantor berita milik negara yang telah berusia 85 tahun siap bersinergi dalam mempublikasikan semua kegiatan dari Lanal Kendari dalam menjalankan tugasnya menjaga kedaulatan perairan Sulawesi Tenggara ataupun pemberdayaan wilayah pertahanan.

Menurut Hernawan, Lanal Kendari memiliki peran yang sangat strategis mengingat sebagian besar wilayah Provinsi Suawesi Tenggara merupakan perairan. Oleh karena itu, lanjut dia, ANTARA siap mengawal dalam mempubilikasikan kegiatan dari TNI AL di daerah tersebut.

"Terima kasih atas kunjungan Danlanal dan jajarannya semoga sinergi ini terus berlangsung. ANTARA tetap akan menggelorakan informasi yang mendidik mencerahkan dan memberdayakan masyarakat," kata Hernawan Wahyudono.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari bersama jajaranya melakukan kunjungan ke Kantor Berita ANTARA Biro Sultra dalam rangka menjalin silahturahmi sekaligus penandatangan kerja sama pemberitaan.

Kepala LKBN ANTARA Biro Sultra Hernawan Wahyudono menyambut langsung Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari serta sejumlah perwira Lanal Kendari.

Usai mengunjungi Kantor Berita ANTARA Biro Sultra, Danlanal Kendari bersama rombongannya kemudian melanjutkan silahturahmi dengan sejumlah wartawan di Kota Kendari di Kantor Ikatan Jurnalis TV Indonesia (IJTI) Sultra.
  Kepala Kantor Berita ANTARA Biro Sultra Hernawan Wahyudono (kanan) saat menerima pelakat dari Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari (kiri), di Kendari, Senin (16/1/2023)

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024