Jayapura (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah V Jayapura hingga Selasa (3/1) pukul 07:50 WIT mencatat adanya 145 aktivitas gempa bumi susulan( aftershock ) terhitung sejak terjadinya gempa  4,9 magnitudo yang terjadi Senin dini hari (2/1) sekitar pukul 03.24 WIT.
 
Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Jayapura Yustus Rumakiek, di Jayapura, Selasa mengakui, gempa susulan masih terus terjadi bahkan pukul 07:40 WIT wilayah Kota Jayapura, kembali diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4 magnitudo.
 
Dari hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2.47° LS dan 140.68° BT, atau tepatnya berlokasi di darat yakni 13 km Timur Laut Jayapura dengan kedalaman delapan (8) KM.
 
Dengan memperhatikan lokasi episenter, kata Rumakiek, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura.
 
Gempa bumi M 4.0 dirasakan masyarakat di Kota Jayapura dengan skala intensitas II-III MMI dan bila berada di dalam rumah getarannya terasa seakan mobil truk lewat, kata Yustus Rumakiek.
 
Kepala Wilayah BMKG Jayapura menghimbau masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
 
"Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa serta periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal apakah cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah, " kata dia.
 
Data dari BPBD Papua terungkap bangunan yang mengalami kerusakan akibat gempa yang terjadi Senin dini hari (2/1) yaitu Hotel Swiss Bell dilaporkan ada bagian yang runtuh, Hotel Horizon Kota Jayapura sebagian ubin lantai rusak,RS Provita Jayapura kaca lift dinding runtuh.
 
Selain itu pusat perbelanjaan Mall Jayapura dilaporkan sebagian dinding retak dan Hotel Sunny Abepura dilaporkan dinding retak dan kaca pecah di lantai satu.
 
Baca juga: Gempa magnitudo 5,5 landa Jayapura warga sempat panik

Baca juga: Gempa menyebabkan kerusakan bangunan di Kota Jayapura Papua
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG catat 145 kali gempa susulan di Jayapura

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024