Kolaka (ANTARA) - Menjelang tahun 2023 mendatang yang tinggal menghitung hari, siklus pergantian pucuk pimpinan tingkat fakultas di Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN-Kolaka), Sulawesi Tenggara setidaknya mulai menghangat. Hal ini ditunjukkan dengan beberapa persiapan dilakukan oleh pihak fakultas di kampus merah marun itu.

Betapa tidak, seiring dengan berakhirnya masa bakti (jabatan) para dekan pada awal Februari 2023 nanti, dan merujuk pada Statuta USN-Kolaka bahwa sebulan sebelum berakhirnya masa jabatan tersebut, dapat dilakukan pemilihan dekan. Berkenaan penyelenggaraan hajatan pemilhan dekan baru untuk periode 2022-2026 pada 6 (enam) fakultas) yang ada di USN-Kolaka. Tak ayal sejumlah persiapan menyukseskan kegiatan tersebut pun dihelat.

Setidaknya beberapa fakultas telah melaksanakan pemilihan ketua senat dan panitia pelaksana Pildek (pemilihan dekan), yang nanti akan bertugas sekaligus memberikan hak suara pada kegiatan empat tahunan itu. "Alhamdulillah, khususnya pihak kami di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) USN-Kolaka, baru saja menyelesaikan satu tahapan yaitu pemilihan ketua senat dan sekaligus panitia pelaksana, “ujar Dede Sopiandy, yang diamanahkan sebagai Sekretaris Panitia Pildek FKIP.
.
Menurut Dosen Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP USN Kolaka ini, pihak fakultas melalui musyawarah mufakat (aklamasi) telah berhasil memilih Ketua Senat FKIP.

"Dari 14 pemilik suara senat yang merupakan perwakilan atau representasi program studi yang ada di fakultas, telah menyalurkan aspirasinya secara bulat melalui aklamasi mengamanahkan pada Jumaking, S.Pd., M.Pd, dan syukur alhamdulillah beliau menerima amanah tersebut,” ungkap Dede Sopiandy.

Secara terpisah, Ketua Senat FKIP USN Kolaka, Jumaking mengatakan bahwa upaya memanggul amanah menyukseskan pemilihan pimpinan (dekan, red), dia sangat mengharapkan dukugan dan kerja sama segenap warga sivitas akademika khususnya lingkup FKIP. “Kita berharap kegiatan tersebut dapat terselenggara dengan baik, kami senantiasa mohon dukungan dan arahan agar apa yang dilakukan tercapai sesuai yang kita harapkan bersama, “jelasnya.

Lebih jauh, dosen Pendidikan Jasmani FKIP ini memaparkan bahwa sesuai landasan dan ketentuan dalam proses Pildek tersebut, maka tahapannya telah dilaksanakan.  

"Insya Allah, saat ini pihak panitia pelaksana telah melakukan serangkaian persiapan untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Sesuai tahapan pemilihan Dekan, yang direncanakan dilaksanakan pada tanggal 4 atau -5 Januari 2023 mendatang, dan saat ini kami telah menetapkan mulai tanggal 30 Desember 2022 hingga tanggal 3 Januari 2023, pendaftaran bakal calon (balon) oleh panitia resmi dibuka untuk penjaringan, “tandas Jumaking.


Sejauh ini, sejumlah kandidat atau figur calon Dekan FKIP USN-Kolaka Periode 2022-2026, mulai digadang-gadang diantaranya, Agus Nasir, S.Pd., M.Pd (Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa), Sufri Mashuri, S.Pd., M.Pd (Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan), La Alu, S.Pd., M. Hum (Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan), Kadaruddin, S.Pd., M. Pd (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris), Dr. Karimuddin, S.Pd., M. Pd (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris), dan Dr. Wayan Pageyasa, M.Pd (Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia). 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024