Kendari (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Kendari di Provinsi Sulawesi Tenggara mengampanyekan gerakan ibu hamil sehat guna menurunkan angka kematian ibu dan bayi serta mencegah stunting pada anak.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Sitti Chomzah di Kendari, Senin, mengimbau seluruh warga membantu memperhatikan kondisi kesehatan dan pemenuhan kebutuhan gizi ibu hamil.

Tim PKK Kota Kendari telah mencanangkan kampanye gerakan ibu hamil sehat di Puskesmas Nambo. Acara pencanangan itu meliputi kegiatan edukasi bagi ibu hamil.

Gerakan Nasional Ibu Hamil Sehat mencakup pemberian tablet tambah darah kepada ibu hamil serta kampanye pemenuhan kebutuhan gizi dan pemeriksaan kehamilan minimal enam kali di fasilitas pelayanan kesehatan untuk memantau kondisi kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin.

Kampanye gerakan ibu hamil sehat merupakan bagian dari upaya pencegahan stunting, kekurangan gizi kronis yang menyebabkan pertumbuhan anak terganggu sehingga badannya menjadi tengkes.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kendari Juhuddin mengatakan bahwa dalam upaya untuk menanggulangi stunting, pemerintah kota juga menargetkan pembentukan 22 Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dan Dapur Sehat Atasi Stunting atau Dashat di kecamatan.

Ia mengatakan, kegiatan Kampung KB dan Dashat mencakup penyuluhan mengenai pemenuhan kebutuhan gizi ibu hamil dan balita guna mencegah stunting.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024