Kendari (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara Irjen Pol Teguh Pristiwanto menekankan kepada seluruh jajarannya agar memaksimalkan pengamanan perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kita siapkan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu agar masyarakat aman dan nyaman saat Natal dan Tahun Baru," kata dia di sela Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Anoa 2022 di Kendari, Kamis.

Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Anoa 2022 dalam rangka pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang bertempat di lapangan apel presisi Mapolda Sultra.

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolda Irjen Pol Teguh Pristiwanto, diikuti jajaran pejabat utama Polda Sultra beserta forkopimda dan peserta personel gabungan TNI/Polri, Dishub, Pol PP dan Basarnas.

Irjen Teguh menegaskan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir personel meliputi sarana dan prasaran agar pelaksanaan pengamanan dapat berjalan maksimal dan kondusif.

Menurutnya saat ini momentum Natal dan Tahun Baru berimplikasi terhadap mobilitas masyarakat. Oleh karena itu, ia mengaku bahwa pihaknya bersama dukungan TNI dan pihak terkait lainnya menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin.

“Dengan begitu, beberapa potensi gangguan, kemacetan dan lalulintas jalan, penyeberangan antar pulau dan padatnya lalulintas penerbangan bisa kita atasi,” ujar dia.

Dia menekankan pula kepada personel bahwa aksi terorisme tidak boleh terjadi dan harus melaksanakan pengamanan rumah ibadah yang berpotensi jadi target serangan teror dengan melakukan sterilisasi dengan melibatkan pemangku kepentingan lainnya dalam pam ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama.

“Tidak lupa quick respon dalam mitigasi bencana karena keberhasilan pengamanan operasi lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus diselesaikan,” kata Kapolda.

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas Operasi Lilin Anoa 2022 Kombes Pol Rahmanto Sujudi, mengatakan untuk di Sultra yang dilibatkan sebanyak 3.270 personel gabungan, yakni Polri, TNI dan unsur terkait lainnya seperti Satpol PP, Dinas Perhubungan, Basarnas dan Dinas Kesehatan.

“Kami optimalkan seluruh kekuatan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru di Sultra sehingga bisa tercipta suasana kondusif," kata Kombes Pol Rahmanto.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024