Kendari (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Aksi Damai Kirab Rukun Bersahabat yang diikuti ribuan orang di Kendari, Kamis.

"Ribuan peserta yang memeriahkan Aksi Damai Kirab Rukun Bersahabat ini tergabung dalam 77 barisan, setiap barisan berjumlah 77 orang," kata kepala Kanwil Kemenag Sultra, H Zainal Mustamin, usai kegiatan tersebut.

Menurut dia, nuansa angka 77 sangat kental dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, karena merupakan rangkaian pelaksanaan HAB Kemenag ke-77 yang puncak pelaksanaannya pada 3 Januari 2023.

"Diikui 77 barisan, setiap barisan berjumlah 77 orang, terdapat 7 hadiah doorprize dan 7 barisan menjadi pemenang berdasarkan 7 kategori," kata Zainal.

Wagub Sultra dalam sambutannya pada kegiatan itu menerangkan bahwa kerukunan umat beragama adalah keadaan atau kondisi kehidupan umat beragama yg berinteraksi secara harmonis, toleran, damai, saling menghargai dan menghormati perbedaan agama dan kebebasan 
menjalankan ibadah masing-masing.

"Terima kasih kepada Kakanwil yang telah bekerja keras bersama pemerintah daerah menciptakan suasana hidup rukun dan damai di bumi anoa yang kita cintai ini. Bersama ini pula saya atas nama Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara mengucapkan selamat Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke 77 yang akan diperingati pada tanggal 3 januari 2023, semoga kementerian agama akan  semakin terdepan menjaga Indonesia dari gangguan yang bisa merusak kehidupan yang damai yang telah diperjuangkan oleh para pendekar-pendekar Kementerian Agama terdahulu," kata Wagub.

Sementara itu, ketua Panitia yang merupakan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sultra, H Muhammad Basri mengatakan, beberapa kegiatan diselenggarakan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan umat khususnya di Sultra. 

"Salah satu kegiatan yang dapat saling memupuk rasa saling menghargai, saling menghormati, memahami dan menyayangi adalah Aksi Damai Kirab Rukun Bersahabat dan Porseni Bersahabat yang diikuti oleh ASN lingkup Kanwil Kemenag Sultra, Kemenag Kota Kendari serta Purna Bakti Kemenag Sultra," jelasnya.

Dirinya menilai, Aksi Damai Kirab Rukun Bersahabat melambangkan kita berbeda, tetapi tetap satu. Ini adalah sebuah transformasi Gerakan Kemenag Sultra Bersahabat, (Bersih, Religius, Santun, Harmonis, Berbasis Teknologi) yang bertujuan untuk mengimplementasikan tagline 3B (Bersama, Bersatu, Bersaudara) dalam mewujudkan Kerukunan Umat Menuju Indonesia Hebat.

"Tujuan kegiatan ini adalah memperkokoh tali persaudaraan dan membangun kebersamaan diantara keluarga besar Kanwil Kemenag Sultra, baik ASN, Purnabakti dan stakeholder lainnya melalui Gerakan Kemenag Sultra Bersahabat dengan semangat 3B," sebutnya.

Selain itu, meningkatkan peran serta komponen Kanwil Kemenag Sultra dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan visi dan misi Kemenag. 

Diakhir acara, dilakukan pengundian dan penyerahan doorprize bagi tujuh peserta Aksi Damai Kirab Rukun Bersahabat yang beruntung.

Berdasarkan pantauan, 77 barisan tersebut mengambil titik start di Kampus Yayasan Pondok Pesantren Ummushabri Kendari dan finish di pelataran Kanwil Kemenag Sultra.  

Tepat digaris finish, Barisan Aksi Damai Kirab Rukun Bersahabat diterima langsung Wagub Sultra yang diwakili staf khusus Wagub Bidang Pengawasan Kesra H. Abubaeda, didampingi Kakanwil Kemenag Sultra H Zainal Mustamin. Masing-masing barisan unjuk kebolehan dengan mempersembahkan yel-yel Kemenag Sultra Bersahabat.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024