Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara menyebutkan sejumlah kabupaten/kota di provinsi itu berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Koordinator Observasi dan Informasi Bidang Maritim Kendari Faizal Habibie di Kendari, Selasa, menyebutkan potensi hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai kilat dan angin kencang diprakirakan terjadi pada Selasa siang hingga petang.

Ia menyebutkan beberapa kabupaten yang akan hujan ringan hingga lebat dapat terjadi di wilayah Kabupaten Kolaka di kecamatan Watubangga, Samaturu, Polinggona, Kabupaten Konawe Selatan di kecamatan Laonti, dan Kabupaten Kolaka Timur di wilayah kecamatan Poli Polia, Lambandia, Lalolae dan sekitarnya.

"Dapat juga meluas ke wilayah Kabupaten Kolaka meliputi kecamatan Wundulako, Kolaka, Pomalaa, Wolo, Baula, Latambaga, Tanggetada, Toari, Kabupaten Konawe di Soropia, Kapoiala, dan Lalonggasumeeto," ungkapnya.

Selain itu, kata Faizal, juga di Kabupaten Muna yang berpotensi hujan di Napabalano, dan Lasalepa, Kabupaten Konawe Selatan di kecamatan Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Moramo Utara, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, dan Kabupaten Bombana di kecamatan Poleang Barat, Rarowatu Utara, Lantari Jaya, dan Mata Usu.

Kabupaten Konawe Utara meliputi wilayah kecamatan Sawa, dan Motui, Kabupaten Buton Utara di Wakorumba Utara, Kabupaten Kolaka Timur di kecamatan Tirawuta, Loea, Ladongi, Aere, Ueesi, Kabupaten Konawe Kepulauan di Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Tengah, Kabupaten Muna Barat: Napano Kusambi, Kota Kendari di kecamatan Kendari Barat, Abeli, dan kecamatan Nambo, dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga petang," ujarnya.

Adapun suhu udara berkisar 23 - 33 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 60 - 95 persen serta kecepatan angin dari Barat Daya - Barat Laut / 2 - 20 kilometer per jam.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024