Kendari (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara Irjen Pol Teguh Pristiwanto meminta seluruh jajaran Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) memaksimalkan pengawasan laut atau patroli perairan.

"Patroli perbatasan, ilegal fishing, patroli di selat Malaka dan perairan lainnya terus dilaksanakan," kata Kapolda Sultra usai upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Polairud ke-72 di Kendari, Senin.

Kapolda juga menyampaikan bahwa HUT ke-72 Polairud merupakan momentum untuk terus berbenah dan berinovasi dalam memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat khususnya di wilayah Sulawesi Tenggara.

Ia menerangkan bahwa pentingnya melakukan pembenahan bagi Polairud merupakan arahan langsung Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol. Arif Sulistyono.

"Hari ulang tahun ini momentum untuk evaluasi kinerja Polairud," ujar Kapolda Sultra meneruskan sambutan Kabaharkam.

Kapolda juga meminta personel Polairud khususnya jajaran Polairud Polda Sultra agar tidak cepat berpuas diri dengan kinerja yang selama ini dilakukan, namun terus melakukan pembenahan.

Selain itu, ia berharap agar jajaran Polairud khususnya di Polda Sultra tetap profesional melaksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas untuk menjaga wilayah perairan Sulawesi Tenggara dan Indonesia secara umum.

Menurutnya, eksistensi Polairud merupakan buah dari kerja keras dari para senior Polairud sejak tahun 1950.

Ia menyampaikan di usia Polairud ke-72 saat ini pemerintah memberikan dukungan anggaran dari negara untuk Polairud dimana saat ini tugas Polairud semakin kompleks yakni deteksi dini, preventif dan preentif hingga penegakan hukum di wilayah perairan seluruh Indonesia termasuk Sultra.

Upacara HUT ke-72 Polairud dilaksanakan di lapangan apel Presisi Markas Polda Sultra mengusung tema Polairud Profesional dan Efektif Mendukung Pembangunan Ekonomi Maritim Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh.

Kapolda Sultra Irjen Pol. Teguh Pristiwanto bertindak sebagai inspektur upacara dihadiri Wakapolda Sultra Brigjen Pol. Waris Agono beserta jajaran pejabat utama Polda Sultra dan peserta upacara lainnya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024