Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara menyebutkan kondisi cuaca di wilayah Sultra masih berpotensi hujan sedang hingga lebat dalam beberapa hari ke depan.

Koordinator Observasi dan Informasi Bidang Maritim Kendari Faizal Habibie di Kendari, Rabu, menyebutkan cuaca yang masih berpotensi hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai kilat/petir serta angin kencang diprakirakan terjadi pada dini hari, sekitar pukul 02.00 hingga 02.30 Wita, di beberapa kabupaten/kota di Sultra.

Kabupaten Kolaka diperkirakan hujan sedang di Kecamatan Wundulako, Kolaka, Pomalaa, Wolo, Baula, Latambaga, Samaturu, Iwoimendaa, Kabupaten Konawe di Kecamatan Lambuya, Unaaha, Wawotobi, Pondidaha, Sampara, Abuki, Soropia, Tongauna, Latoma, Puriala, Uepai, Wonggeduku, Besulutu, Bondoala, Routa, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, dan Asinua.

Di Konawe di Kecamatan Kapoiala, Lalonggasumeeto, Onembute, Padangguni, Morosi, Anggalomoare, Wonggeduku Barat, Anggotoa, Tongauna Utara, Kabupaten Muna di Kecamatan Napabalano, Maligano, Lasalepa, Katobu, Duruka, Lohia, Watopute, Kontunaga, Kabangka, Kabawo, Parigi, Tongkuno, Kontu Kowuna, Batukara, dan Kabupaten Buton di Kecamatan Wabula.

Kabupaten Konawe Selatan di Kecamatan Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Laonti, Mowila, Moramo Utara, Wolasi, Laeya, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, Sabulakoa, Kabupaten Bombana di Kecamatan Poleang, Poleang Timur, Rarowatu, Rumbia, Poleang Barat, Mata Oleo, Rarowatu Utara, Poleang Utara, Poleang Selatan, Poleang Tenggara, Kabaena Selatan, Rumbia Tengah, Poleang Tengah, Tontonunu, Lantari Jaya, dan Mata Usu.

Kabupaten Wakatobi di Kecamatan Binongko, dan Togo Binongko, Kabupaten Kolaka Utara di Lasusua, Pakue, Batu Putih, Rante Angin, Kodeoha, Ngapa, Wawo, Lambai, Watunohu, Pakue Tengah, Pakue Utara, Porehu, Katoi, Tiwu, dan Tolala.

Kabupaten Konawe Utara di Kecamatan Asera, Wiwirano, Langgikima, Molawe, Lasolo, Lembo, Sawa, Oheo, Andowia, Motui, Wawolesea, Lasolo Kepulauan, Landawe, Kabupaten Buton Utara di Kecamatan Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara, dan Wakorumba Utara. Kabupaten Kolaka Timur di Kecamatan Tirawuta, Loea, Ladongi, Lalolae, Mowewe, Uluiwoi, Tinondo, dan Ueesi.

Kabupaten Konawe Kepulauan di Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan, Wawonii Tengah, Kabupaten Muna Barat di Kecamatan Sawerigadi, Barangka, Lawa, Wadaga, Tiworo Selatan, Maginti, Tiworo Tengah, Tiworo Utara, Tiworo Kepulauan, Kusambi, Napano Kusambi,
Kabupaten Buton Tengah di Kecamatan Talaga Raya.

Kabupaten Buton Selatan hujan sedang di Kecamatan Batauga, Sampolawa, Lapandewa, Siompu Barat, Siompu, Kadatua, Kota Kendari akan hujan di Kecamatan Mandonga, Kendari, Baruga, Poasia, Kendari Barat, Abeli, Wua-wua, Kadia, Puuwatu, Kambu, Nambo, dan Kota Bau Bau di Kecamatan Betoambari, Wolio, Murhum, dan sekitarnya.

"Selain beberapa kabupaten hujan sedang dan lebat, juga dapat meluas sekitar sore hingga malam hari ke wilayah Kabupaten Kolaka, Buton, Konawe Selatan, Bombana, Wakatobi, Koltim, Buteng, dan Kota Baubau," ujar Habibie.

Suhu udara dengan kisaran 24-32 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 65-95 persen dengan kecepatan angin bertiup dari barat daya ke barat laut per 2-20 kilometer per jam.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024