Kolaka (ANTARA) - Bupati Kolaka Ahmad mengukuhkan dan melepas kontingen Kolaka yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIV  di Kabupaten Buton dan Kota Baubau Sulawesi Tenggara di halaman kantor bupati, Selasa.

Bupati Kolaka Ahmad Safei dalam arahannya meminta semua atlet yang akan berlaga di ajang olahraga bergengsi tingkat provinsi agar selalu menjaga kesehatan serta nama baik daerah.

Menurutnya momen olahraga empat tahunan ini menjadi ajang silaturahmi serta menjadi tollok ukur pembinaan dan prestasi olahraga di serta atlit di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka.

" Kita berharap dengan adanya Porprov ini bisa menghasilkan atlet potensial khsususnya Kolaka yang bisa berlaga di ajang pra-PON dan PON," katanya.

Safei juga mengingatkan kepada seluruh atlet untuk menjunjung tinggi sportifitas karena ajang olahraga ini juga mengedepankan silaturahmi antarsesama atlet dan ofisial.

" Jaga sportifitas agar kejuaraan yang didapat juga berkualitas," tegas Bupati dua periode itu.

Sebelumnya Ketua KONI Kolaka Muhammad Jayadin dalam laporannya menjelaskan sekitar 700 orang atlet dan ofisial serta pelatih yang akan diberangkatkan pada ajang Porprov XIV di Kabupaten Buton dan Kota Baubau.

Pada ajang Proprov ke XIV tahun ini kata dia Kabupaten Kolaka mengikuti 33 cabang olahraga yang dipertandingkan dan berada pada posisi kedua selain tuan rumah yang banyak mengikuti pertandingan cabang olahraga.

" Ini menjadi kebanggaan bagi kami sebagai pengurus KONI karena semangat para atlet untuk mengikuti ajang olahraga ini sangat tinggi," katanya.

Bahkan lanjut Wakil Bupati Kolaka itu bahwa tahun ini semua atlet yang berlaga di ajang olahraga empat tahunan itu berasal dari atlet lokal dan tidak ada atlet dari luar kota Kolaka.

Untuk ke depan kata Jayadin cabang olahraga yang belum memiliki atlet agar dilakukan pembinaan terhadap anak-anak daerah agar tidak menggantungkan harapan kepada atlet di luar Kolaka.

" Ada beberapa cabang olahraga tidak diikutkan dalam ajang poprov tahun ini karena tidak memiliki atlet," ungkap Jayadin.

Jayadin juga mengimbau agar semua atlet yang berlaga untuk menjaga nama baik daerah karena saat pelaksanaan poprov tahun 2018 lalu Kabupaten Kolaka menjadi tuan rumah yang baik.

" Mari bersama  jaga nama baik daerah kita," ungkapnya.

  

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024