Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda wilayah barat daya Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Senin pukul 13.21 WIB.

Menurut BMKG, pusat gempa bumi itu berada di koordinat 6,84 Lintang Selatan dan 107,05 Bujur Timur, sekira 10 kilometer barat daya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km.

Gempa yang getarannya dirasakan hingga wilayah Jakarta, Bekasi, dan Bogor itu menurut BMKG tidak berpotensi menimbulkan tsunami.
 
Getaran gempa yang berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin, (21/11) pukul 13.21 WIB membuat sebagian warga Kota Sukabumi, Jabar berhamburan keluar rumah.

"Getaran gempa cukup kencang dirasakan warga Sukabumi, bahkan durasinya pun cukup lama. Kami sudah menginstruksikan personel untuk melakukan pemantauan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani di Sukabumi, Senin.
 
Sesuai data BMKG gempa dengan magnitudo 5,6 berlokasi di 84 LS,107.05 BT 10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur di kedalaman 10 km.
 
 
Seju.lah dosen dan mahasiswa berhamburan keluar ruangan akibat gempa. (ANTARA/Foto: Feru Lantara)


Dosen dan mahasiswa berhamburan keluar


Sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) Depok berhamburan keluar gedung karena merasakan gempa yang mengguncang cukup keras.

"Gempa...gempa...lumayan kencang getarannya," kata dosen FEB UI Rizal E Halim yang menuruni tangga dari lantai dua di Departemen Manajemen FEB UI Depok, Senin.

Rizal yang berada di lantai dua sedang menunggu untuk mengajar mahasiswa UI. Namun, tiba-tiba terjadi getaran yang cukup kencang.

"Dua kali goncangannya, getarannya membuat kaca jendela berbunyi kencang," ujarnya.

Getaran gempa berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada, Senin (21/11) pukul 13.21 WIB membuat sebagian warga Kota Sukabumi, Jabar berhamburan keluar rumah.

"Getaran gempa cukup kencang dirasakan warga Sukabumi, bahkan durasinya cukup lama. Kami sudah menginstruksikan personel untuk melakukan pemantauan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani di Sukabumi.

Sesuai data BMKG gempa dengan magnitudo 5,6 berlokasi di 84 LS,107.05 BT 10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur di kedalaman 10 km.

Sementara itu sejumlah pekerja yang berkantor di kawasan Jalan Agus Salim dan Jalan Merdeka Selatan keluar dari gedung saat gempa yang dirasakan di Jakarta pada Senin pukul 13.35 WIB.

Pengamatan Antara, sejumlah pegawai yang bekerja di Gedung Wisma Antara, Gedung JB Tower dan gedung yang berada di sekitarnya keluar ke halaman gedung untuk berlindung.

Guncangan akibat gempa yang berlangsung sekitar 3 menit tersebut cukup dirasakan terutama mereka yang bekerja di gedung-gedung tinggi.

Menurut keterangan dari Badan Meteorologi dan Geofisika gempa yang terasa di Jakarta memiliki kekuatan 5,6 dengan pusat gempa di Laut Jawa yang berada di 10 km Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 melanda barat daya Cianjur

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024