Kendari (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Korpri VI di Padang, Sumatera Barat, 2022 berada pada peringkat 14 dari 37 peserta dengan meraih nilai 15. 

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Sultra yang juga Ketua Rombongan MTQ Korpri Sultra 2022, Sukamto Toding kepada Antara di Kendari, Minggu, mengatakan kafilah Sultra menduduki peringkat 14 nasional itu merupakan perjuangan yang luar biasa dan telah memberikan penampilan terbaik untuk Sultra.

Menurut Sukamto, kafilah MTQ Korpri Sultra mendapat peringat 14 setelah lima kafilahnya meraih juara pada beberapa cabang yang dilombakan.

Adapun yang mendapat juara yakni cabang Hafizh Quran golongan Al-Imran dan Al-Nisa atas nama Lalu Suhaja Hambali sebagai juara II, lomba Muadzin harapan I atas nama Jamal, Hafizh Al Quran Al-Imran/Al Nisa sebagai juara harapan I atas nama Nur Asia.

Kemudian cabang Khutbah Jumat sebagai juara harapan III diraih H.Syarifuddin dan cabang Tartil Quran atas nama Hasanuddin sebagai juara harapan III.

Ia mengatakan MTQ VI Korpri yang resmi ditutup Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrsi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas pada Sabtu (12/11) malam itu juga dihadiri Ketua Umum Korpri Nasional Zudan Arif Fakhrullah seluruh pengurus Korpri se-Indonesia, para gubernur, wakil gubernur dan Forkopimda Sumbar.

Sumatera Barat selaku tuan rumah MTQ Kropri VI Nasional berhasil tampil sebagai juara umum setelah mengumpulkan total nilai 109,  melampaui perolehan nilai peringkat dua yang diraih kafilah Provinsi Aceh yang mengumpulkan nilai 68.

Sementara peringkat tiga di raih DKI Jakarta dengan nilai 63 poin, Provinsi Banten peringat IV dengan nilai 63 poin. Jawa Timur dengan peringkat V nilai 55 poin, Sumatera Utara peringkat VI meraih nilai 51 poin, Riau peringkat VII meraih 43 poin, Sulawesi selatan peringkat VIII meraih 27 poin, Jawa Barat peringkat IX meraih 25 poin dan peringkat X Kalimantan Selatan meraih 23 poin.

Kemudian Kementerian Agama sebagai peringkat XI dengan nilai 18 poin, Lampung peringkat XII dengan nilai 17 poin serta Provinsi Jambi peringat XIII juga sama-sama merah nilai 15 poin dengan Provinsi Sultra.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024