Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara menyebutkan 11 kabupaten di Sultra berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Koordinator Observasi dan Informasi Klimatologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie dalam keterangan yang diterima di Kendari, Sabtu, menyebutkan selain berpotensi hujan sedang juga dapat disertai kilat dan petir serta angin kencang.

"Potensi hujan sedang itu pada siang hingga sore hari dan dapat meluas pada malam hari," ujarnya.

Adapun wilayah kabupaten yang berpotensi hujan yakni di kabupaten Kolaka meliputi Kecamatan Wundulako, Baula, Latambaga, Tanggetada, Samaturu, Polinggona, sedangkan di Kabupaten Konawe meliputi Besulutu, Bondoala dan Meluhu.

Di Kabupaten Muna meliputi Kecamatan Maligano, Kabupaten Buton meliputi Kapontori, Lasalimu, dan Siotapina, Kabupaten Konawe Selatan meliputi Kecamatan Palangga, Laonti, Palangga Selatan, Buke, Baito, Kolono Timur.

Di Kabupaten Bombana meliputi Kecamatan Poleang Timur, Poleang Utara, Poleang Tenggara, Kabupaten Konawe Utara meliputi Wiwirano, Landawe, Kabupaten Buton Utara meliputi Kecamatan Bonegunu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara.

Di Kabupaten Kolaka Timur meliputi Tirawuta, Lalolae dan Tinondo, Kabupaten Konawe Kepulauan meliputi Wawonii Barat, Wawonii Selatan, Wawonii Tengah, dan Kota Bau Bau meliputi Kecamatan Bungi dan sekitarnya.

Suhu udara yang terjadi hari ini yakni berkisar 24-33 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 60-95 persen dan kecepatan angin dari tenggara-ke barat daya dengan kisaran per 2-20 km/jam.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024