Kendari (ANTARA) - Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara La Ode Ahmad Monianse berupaya meningkatkan konektivitas dan kelancaran sistem transportasi agar semakin terintegrasi di daerahnya sehingga aktivitas ekonomi semakin efektif dan efisien di sektor perhubungan.

"Harus diakui masih banyak hal yang perlu kita benahi bersama untuk meningkatkan konektivitas dan kelancaran sistem transportasi yang terintegrasi bagi Kota Baubau dan wilayah sekitarnya," kata Wali Kota di Baubau, Minggu.

Wali Kota menghadiri aksi bersih-bersih taman hijau Kotamara dan senam bersama dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2022 dengan tema "Bangkit Maju Bersama Menghubungkan Indonesia" yang dilaksanakan sejumlah insan perhubungan di daerah tersebut.

Menurutnya Baubau merupakan pintu gerbang yang menghubungkan Indonesia bagian barat dan timur serta akses utama konektivitas regional Sultra khususnya wilayah sekitar Kepulauan Buton, sehingga integrasi antarmoda akan sangat mempengaruhi kelancaran arus dan aktivitas perekonomian Baubau dan sekitarnya.

"Tantangan ini tidak akan bisa kita hadapi tanpa kolaborasi, tanpa sinergi antara kita para pemangku kepentingan di sektor perhubungan. Oleh karena itu semangat kolaborasi dan sinergi juga menjadi roh pada peringatan Harhubnas tahun ini. Kita tidak akan cepat bangkit jika kita tidak bersatu," ujarnya.

Oleh karena itu, Wali Kota meminta agar seluruh pemangku kepentingan mengambil peran untuk berkolaborasi dan bahu-membahu mengembangkan kembali sektor perhubungan.

Hal itu, kata dia, demi menopang berbagai sektor kehidupan masyarakat yang akan berdampak pada terwujudnya kesejahteraan terlebih dalam mewujudkan Kota Baubau yang maju, sejahtera, dan berbudaya.


  Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengikuti senam bersama insan perhubungan dalam rangkaian Harhubnas tingkat daerah itu tahun 2022, di pelataran Kotamara Baubau, Minggu (18/9/2022) (ANTARA/Yusran)




Dikatakan Ahmad Monianse bahwa daerah itu memiliki sistem transportasi yang kompleks baik di darat, laut, maupun udara, karena masih terdapat permasalahan pembangunan yang harus dituntaskan bersama.

Ia menuturkan bahwa di tengah pemulihan dampak pandemi COVID-19, berbagai pihak menghadapi perekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit, namun patut bersyukur bahwa Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global itu termasuk di sektor perhubungan nasional pun kebangkitan itu mulai terlihat.

Dia menyebut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan sektor perhubungan telah berhasil tumbuh 21,27 persen di kuartal kedua tahun 2022 dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44 persen.

"Pencapaian ini patut kita syukuri karena di tengah tantangan global, sektor perhubungan masih mampu memberi kontribusi yang berarti bagi Indonesia," ujar dia.

Aksi sosial dan senam bersama tersebut juga dihadiri Sekda Baubau Roni Muhtar, unsur forkopimda, OPD serta instansi insan perhubungan baik Dishub Baubau, Bandara Betoambari, KSOP Kelas II Baubau, UPTD Penyeberangan, serta mitra perhubungan yakni PT Pelni dan PT ASDP Cabang Baubau.

Wali Kota juga mengapresiasi seluruh insan perhubungan terkhusus di wilayah kerja Baubau yang secara kompak dan terus berkoordinasi dalam rangka bersama-sama membangun daerah itu khususnya di sektor perhubungan.

"Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Baubau mengucapkan selamat Hari Perhubungan Nasional tahun 2022, semoga langkah kita untuk mewujudkan bangkit maju bersama mendapat Ridho dari Allah SWT," kata Wali Kota Baubau.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024