Kendari (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari mengerahkan personel untuk membersihkan kawasan pantai di wilayah Kelurahan Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Dalam kegiatan ini Lanal Kendari melibatkan 389 personel gabungan. Aksi sosial ini merupakan salah bentuk kepedulian lingkungan pesisir bagi Lanal Kendari," kata Komandan Lanal Kendari Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku di Kendari, Rabu.

Menurut dia, aksi bersih-bersih di sepanjang Pantai Toronipa melibatkan personel TNI, Polri, Kantor Pencarian dan Pertolongan, serta Pramuka Saka Bahari dari berbagai sekolah.

Aksi bersih-bersih Pantai Toronipa, ia mengatakan, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan ulang tahun ke-77 TNI Angkatan Laut.

Abdul Kadir berharap pelibatan berbagai unsur dalam aksi bersih-bersih pantai dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga laut dan pantai dari pencemaran.

"Kita memberikan contoh yang baik. Mari kita merawat laut kita, menjaga laut kita, membersihkan laut kita," katanya.

Penjabat Sekretaris Daerah Sulawesi Tenggara Asrun Lio juga berharap aksi bersih-bersih Lanal Kendari bisa menggugah warga untuk ikut menjaga laut dan kawasan pantai.

"Ini suatu gerakan yang bisa memberikan inspirasi kepada masyarakat bahwa penting menjaga kebersihan daerah wilayah pantai, dan ini satu gerakan yang juga memberikan kesadaran kepada kita bahwa menjaga kebersihan itu menjadi hal utama bagi kita semua," kata Asrun Lio.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024