Makassar (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi membangun Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Likupang-Paniki untuk penguatan Infrastruktur Ketenagalistrikan di Sulawesi Utara.

"Jaringan transmisi SUTT 150 kV Likupang-Paniki bertujuan meningkatkan keandalan sistem kelistrikan yang ada di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara," kata Manager Perizinan, dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi, M Syukur di Makassar, Minggu.

Mengutip keterangan Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Utara (UPP Sulut), Ndaru Seto Widiatmoko mengatakan, PLN berupaya menyelesaikan pembangunan SUTT 150kV Likupang-Paniki yang terbentang dari Likupang di Kabupaten Minahasa Utara sampai ke Paniki di Kota Manado.

Jaringan transmisi SUTT 150 kV Likupang - Paniki tersebut terbentang sepanjang 29,57 kilometer sirkit (kms) dengan jumlah tower sebanyak 88 tower yang diharapkan dapat beroperasi pada akhir 2022.

Infrastruktur tersebut dibangun untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan yang ada di Sulawesi Utara khususnya Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan pariwisata di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang yang terus berkembang, perlu dukungan PLN.

Apalagi Likupang merupakan satu dari lima daerah terpilih sebagai DPSP yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berkaitan dengan hal tersebut,
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendukung penuh PLN dalam penyelesaian pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan tersebut.

Secara keseluruhan progres pembangunan SUTT 150 kV Likupang - Paniki sudah mencapai 58,54 persen. PLN senantiasa berkomitmen menyelesaikan pembangunan infrastruktur kelistrikan guna mendorong perekonomian dan pariwisata yang mempercepat pemulihan ekonomi nasional (PEN).
 

 

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024