Kendari (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah Laut Pulau Bokori, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara saat Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Republik Indonesia.

Komandan Lanal Kendari Kolonel Laut (P) Iwan Iskandar di Kendari, Rabu mengatakan upacara ini dilaksanakan di perairan laut Sulawesi Tenggara tepatnya di Pulau Bokori dengan kedalaman 12 meter di bawah permukaan laut.

"Salah satu yang menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut adalah Lanal Kendari," katanya.

Dia menyebut, pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut Pulau Bokori melibatkan personel penyelam TNI AL, TNI AU, Polairud, Basarnas, Kementerian Kelautan, BSPL, Universitas Muhammadiyah Kendari dan anggota Club Diving Kendari.

Dalam rangka memperingati HUT RI, TNI Angkatan Laut menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut di 77 lokasi Nusantara.

Pengibaran bendera ini serentak dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNI AL dari Sabang sampai Merauke pada 17 Agustus 2022.

"Kegiatan ini sesuai dengan perintah Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono untuk secara serentak mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut," ujar dia.

Ia menambahkan, kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih terpusat di Pulau Putri Kepulauan Seribu yang dipimpin Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono dan akan memecahkan rekor MURI karena dilaksanakan secara serentak di 77 lokasi.

 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024