Kendari (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi berharap Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di daerah tersebut bisa berdaya saing dalam berwirausaha sehingga bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah.

Berdasarkan keterangan tertulis Juru Bicara Gubernur Sultra Ilham Q. Moehiddin diterima di Kendari, Jumat,  menyebutkan Gubernur Ali Mazi berbicara di hadapan para pengusaha muda dalam kegiatan Forum Bisnis HIPMI Sulawesi Tenggara bertema Menjadi Pemuda Tangguh, Mandiri dan Berdaya Saing dalam Berwirausaha.

“Saya harap adik-adik HIPMI ini gunakanlah waktu bekerja keras. Gunakanlah waktu dan kesempatan dengan baik," kata Gubernur di hadapan pengurus HIPMI Sultra.

Ali mengatakan dirinya juga seorang pebisnis, mantan pengacara dan juga sebagai seorang pemimpin, menyampaikan pandangannya tentang pentingnya mengenal karakter orang lain.

“Bisnis itu adalah mengenal karakter, bagaimana membangun mitra, berdiplomasi. Berorganisasi itu bukan adu kepintaran tapi bagaimana kita mengenal teman-teman dan berdiplomasi,” kata Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi kemudian menyampaikan kisahnya yang menguatkan tekadnya menjadi seorang pemimpin daerah.

“Saya start dari kampung halaman. Hidup dari nol. Tapi karena saya punya tekat untuk sekolah. Saya tidak pulang kalau tidak jadi gubernur,” kata Gubernur.

Ali juga menyampaikan perjuangannya membangun Sulawesi Tenggara dengan tekat yang kuat pada masa kepemimpinannya sebagai gubernur untuk kedua kalinya. Dia berharap semua anggota HIPMI agar mampu memanfaatkan waktu untuk bekerja lebih giat.

Ketua Bidang Perhubungan dan BUMN BPD HIPMI Sulawesi Tenggara Hartanto Bangun sekaligus Ketua Panitia Kegiatan Forum Bisnis menyampaikan, Forum Bisnis ini menjadi sarana mediasi antara pelaku usaha dan inovator.

“Bagi para pelaku usaha, Forum Bisnis ini juga bisa digunakan untuk menggali dan mendapatkan informasi perbankan, perekonomian maupun pertambangan,” katanya.

Menurut dia, forum tersebut juga menguatkan kemitraan baik internal organisasi maupun eksternal organisasi seperti perbankan dan pihak swasta dan dapat menyediakan informasi bagi para pelaku usaha dan inovator sehingga terjalin komunikasi yang baik antara keduanya.

Oleh karena itu, kegiatan ini juga guna mendukung program pemerintah dalam meningkatkan investasi dan memulihkan perekonomian Sulawesi Tenggara akibat pandemi COVID-19.

Dalam Forum Bisnis HIPMI Sulawesi Tenggara ini hadir dua pembicara nasional, di antaranya Wakil Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI yang juga sebagai Anggota DPRD Sumatera Utara, Akbar Himawan Putra; Sekretaris Jenderal (Sekjen) BPP HIPMInBagas Adhadirgha.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024