Kendari (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara bersama Polres Baubau melakukan tes urine terhadap seluruh personel polisi daerah itu sebagai wujud komitmen kuat dalam memerangi peredaran narkoba sekaligus memastikan anggota bersih dari barang berbahaya itu.

Kepala Sub Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Sultra Kompol Jajang Kiswara dalam keterangan tertulis diterima di Baubau, Rabu, mengatakan tes urine dilakukan secara mendadak bagi seluruh personel Polres Baubau yang diikuti oleh Kapolres AKBP Erwin Pratomo, Wakapolres Kompol Bahtiar, PJU Polres Baubau, seluruh perwira dan personel Polres Baubau.

"Dari hasil pemeriksaan tes urine itu tidak ada ditemukan anggota Polres Baubau dan jajaran yang terindikasi penyalahgunaan narkoba maupun pelanggaran lainnya," katanya 

Tes urine mendadak dilakukan Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) dan Bidang Dokter Kesehatan (Biddokkes) Polda Sultra yang dilaksanakan usai apel pagi di aula Polres Baubau.

"Kami harap dengan tidak ditemukan pelanggaran ini perlu kita pertahankan dan juga mari kita sama-sama secara berjenjang mulai dari Kanit sampai ke pimpinan atas melakukan pengawasan secara melekat dan memberikan arahan kepada anggota agar tidak melakukan pelanggaran," ujarnya.

Sebelum tes urine, Kasubbidpropam Kompol Jajang Kiswara mengambil apel personel Polres Baubau yang diikuti oleh seluruh personel Polres Baubau termasuk para Kapolsek jajaran. 

Dalam arahannya, Jajang menekankan agar jajaran di Polresta Baubau terus mematuhi aturan yang mengikat sebagai anggota Polri dan tidak berbuat kesalahan yang dapat merusak institusi Polri. 

"Kami tidak mencari-cari kesalahan tetapi untuk mencegah pelanggaran yang dilakukan anggota," ujar Jajang.

Setelah selesai mengambil apel, Kasubbidpropam beserta tim langsung mengecek sikap tampang maupun kelengkapan administrasi perorangan personel Polres Baubau dan jajaran baik Perwira maupun Bintara mulai dari KTP, KTA, SIM, Surat Izin Senpi dan kelengkapan lainnya. 

Kepala Sub Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Sultra Kompol Jajang Kiswara dan Ps, Subbidprovos Bidpropam Polda Sultra AKP Ali Jufri bersama Tim melaksanakan giat Gaktibplin ke Polres Baubau langsung disambut oleh Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo, di Mako Polres Baubau.

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024