Kendari (ANTARA) - Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara dalam memberdayakan mahasiswa yang sedang menjalani praktik kerja lapangan (PKL) di daerah tersebut.

Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari Teguh Fathurahman di Kendari, Rabu, mengatakan pihaknya telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan dalam memberdayakan mahasiswa PKL.

"Adapun tujuan penandatanganan MoU (nota kesepahaman) agar terwujudnya kerja sama dalam rangka penyelenggaraan PKL mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kendari," katanya.

Pihaknya membangun kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan karena ke depan poltekkes tidak diizinkan lagi untuk melakukan PKL di luar provinsi.

"Mulai tahun depan tidak diizinkan lagi poltekkes di Indonesia PKL di luar provinsi karena ada beberapa rumah sakit yang belum memenuhi standar untuk lahan praktik mahasiswa poltekkes," ujar dia.

Poltekkes Kemenkes Kendari mempunyai tiga fungsi, yaitu pendidikan, pengajaran yang salah satunya menjadi lahan praktik, dan penelitian yang bisa dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa.

Direktur Poltekkes Kemenkes Kendari berharap penandatanganan kerja sama itu tidak hanya digunakan untuk kerja sama dalam penggunaan lahan praktik tapi ada hal lainnya.

Poltekkes Kemenkes Kendari telah melakukan penandatanganan kerja sama sekaligus penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan dan Rumah Sakit Daerah (RSD) Kabupaten Konawe Selatan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Selatan Boni Lambang Pramana yang juga Kepala RSD Konawe Selatan menyatakan mendukung dan menerima mahasiswa melakukan PKL di RSD setempat.

"Semoga yang telah direncanakan bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak," kata dia.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024