Kendari (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Sultra bakal menggelar ekspo untuk mendorong kebangkitan 44 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setelah terpuruk akibat pandemi COVID-19.

Kepala BI Sultra Doni Septadijaya di Kendari, Selasa mengatakan kegiatan tersebut bertemakan UMKM Sultra unggul, go digital go ekspor akan melibatkan 44 pelaku UMKM yang akan digelar di pelataran Tugu Eks MTQ Kendari pada 20 sampai 23 Juli 2022 mendatang.

"Ini sinergi agar UMKM Sultra go digital go ekspor. Semua mitra strategis yang ada di Sultra mempunyai peran terhadap perkembangan UMKM Sulawesi Tenggara agar memiliki engagement yang kuat di tingkat nasional," katanya.

Dalam pelaksanaannya, BI Sultra juga bekerja sama dengan Pemerintah Sultra, Kadin Sultra dan beberapa perbankan lainnya yang mempunyai ketertarikan terhadap perkembangan UMKM.

Dia menyebut, kegiatan tersebut bertemakan UMKM Sultra unggul, go digital go ekspor dengan icon kegiatan "Buba" yang diambil dari bahasa latin Anoa yaitu Bubalus yang merupakan hewan endemik Sulawesi.

Ia mengatakan, dalam pameran tersebut akan ditampilkan komoditas olahan berupa makanan, fashion, serta kriya atau hasil kerajinan tangan dengan target pengunjung sebanyak 3.000 orang.

"Kegiatan ekspo bagaimana kita mempertemukan UMKM dengan buyer (pembeli), UMKM dengan lembaga-lembaga pembiayaan. Kita harapkan pada kegiatan ini akan adanya komitmen pembiayaan, transaksi yang cukup besar," ujar dia.

Dalam ekspo juga akan dilakukan edukasi soal transaksi secara digital. Untuk UMKM yang sudah memiliki QRIS, pembayaran bisa dilakukan dengan memanfaatkan metode digitalisasi tersebut.

Di tempat yang sama, Direktur Utama Bank Sultra Abdul Latif mengatakan bahwa pada penutupan Sultra ekspo tersebut 23 Juli mendatang, pihaknya akan meluncurkan kartu debit dan mobile banking 

Dia menyebut, hal tersebut dilakukan untuk memperkenalkan produk digitalisasi bank Sultra kepada masyarakat. Selain itu, penutupan pameran juga akan dimeriahkan dengan kehadiran penyanyi artis ibu kota Rossa.

" Hiburan ini gratis untuk masyarakat, kami hadirkan penyanyi ibu kota, Rossa dan penyanyi lokal Wa Ode Heni Andraini yang kemarin juara pop academy Indosiar," kata dia.

Untuk itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat Sultra untuk datang memeriahkan pameran UMKM tersebut.

Sementara itu, Kepala OJK Sultra Arjaya Dwi Raya mengatakan dalam kegiatan pameran UMKM Sultra pihaknya akan melakukan edukasi guna meningkatkan literasi keuangan masyarakat di provinsi ini.

"Kami dari OJK di sela-sela ekspo mempunyai kegiatan yang sudah kami rencanakan berupa edukasi tentang pengelolaan keuangan, pengenalan ciri-ciri investasi ilegal, pinjaman online ilegal, tips pencegahannya," kata Arjaya.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024