Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca berawan pada Jumat.

Berdasarkan informasi prakiraan cuaca yang disampaikan BMKG melalui laman www.bmkg.go.id di Jakarta, Jumat, cuaca berawan diprakirakan dialami oleh sejumlah daerah, yakni Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang, Palangka Raya, Pangkal Pinang, Lampung, Medan, Banjarmasin, Mamuju, Makassar, Ambon, Sofifi, dan Jayapura.

Cuaca di wilayah Surabaya berpotensi berawan tebal, sedangkan wilayah yang akan mengalami cuaca cerah berawan, yakni Banda Aceh, Tanjung Pinang, Padang, Gorontalo, Kupang, Palu, Manado, serta Manokwari.

Wilayah yang berpotensi kabut pada hari ini adalah Jambi, Pontianak, Pekanbaru, Palembang, dan Samarinda, sedangkan cuaca di daerah Mataram diprakirakan cerah.

Daerah Denpasar, Tanjung Selor, dan Kendari berpotensi hujan berintensitas ringan.

  Peringatan dini prakiraan cuaca BMKG, Wilayah Kalbar hujan ringan hingga hujan lebat (ANTARA/HO)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan tujuh daerah kabupaten di provinsi itu berpotensi diguyur hujan lebat disertai guntur dan angin kencang pada Rabu.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Faizal Habibie dalam keterangan tertulis Humas BMKG Sultra, Rabu mengatakan tujuh daerah berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat hari ini yakni di Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, dan Buton Utara.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra khususnya di ketujuh daerah tersebut berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," katanya.

Fezal menjelaskan di Kabupaten Kolaka potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Kolaka, Baula, Latambaga, Tanggetada, yang dapat meluas ke Wundulako, dan Pomalaa.

Di Kabupaten Kolaka Timur potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Tirawuta, Lambandia, Dangia yang dapat meluas ke Loea, Ladongi, Poli Polia, Lalolae, Mowewe, dan Tinondo, Aere.

Selanjutnya di Kabupaten Konawe potensi hujan dapat terjadi di Kecamatan Lambuya, Puriala, Wonggeduku, Bondoala, Meluhu, Amonggedo, Lalonggasumeeto, Onembute yang dapat meluas ke Pondidaha, Sampara, Soropia, Besulutu, Routa, Anggaberi, Wonggeduku Barat.

Kemudian di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujan lebat dapat mengguyur wilayah Kecamatan Angata, Lalembuu, Benua, Basala yang dapat meluas ke Landono, Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Laonti, Mowila, Moramo Utara, Wolasi, Laeya, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, Sabulakoa, dan Andoolo Barat.

Berikutnya di Kabupaten Konawe Utara potensi hujan lebat di Kecamatan Motui yang dapat meluas ke Wiwirano, Lasolo, Lembo, Sawa, Oheo, dan Landawe.

Di Kabupaten Konawe Kepulauan, potensi huhab lebat juga dapat terjadi di Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, Wawonii Tengah yang dapat meluas ke Wawonii Tenggara, dan Wawonii Selatan.

Berikutnya potensi hujan sedang hingga lebat juga berpotensi terjadi di Kabupaten Buton Utara utama di wilayah Kecamatan Kulisusu Utara yang dapat meluas ke Kulisusu, Bonegunu, Kulisusu Barat, dan Wakorumba Utara.

Selain di tujuh daerah tersebut, potensi hujan sedang hingga lebat juga dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Muna, Bombana, Muna Barat dan Kota Kendari. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 17:30 Wita.

BMKG Sultra mengimbau agar masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG prakirakan sebagian besar Indonesia berawan, Jumat

Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024