Kendari (ANTARA) - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara mendorong ratusan mahasiswa dari berbagai fakultas agar mampu berwirausaha secara mandiri maupun berkelompok.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Mahasiswa (UPT PK2M) UHO Kendari Dr. Sarinah di Kendari, Selasa mengatakan hal itu dilakukan melalui pelatihan kepada 160 peserta Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2022 yang berasal dari 15 fakultas.

"Pelatihan ini memberikan pembekalan kepada mereka supaya mereka dalam berwirausaha ada materi-materi motivasi dan bagaimana mengembangkan usahanya," katanya.

Ia menyebut peserta program ini mendapatkan bantuan usaha sebesar Rp7,5 juta setelah menjalani seleksi mulai dari pemberkasan, tes tertulis, dan wawancara yang dilakukan UPT PK2M UHO.

"Program kewirausahaan ini setiap tahun diadakan tahun lalu itu ada 130 orang, tahun ini bertambah menjadi 160 orang," ucap dia.

Dia juga menyampaikan, dengan program mahasiswa wirausaha ini diharapkan para peserta memiliki pola pikir berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja, dan bukan berharap menjadi PNS ketika tamat menyelesaikan studi.

"Program wirausaha ini memang menjadi program nasional, bagaimana mahasiswa kita rubah mindset-nya, tidak lagi kalau keluar itu mau menjadi PNS," ujar dia.

Ratusan mahasiswa yang lolos tersebut bakal mengikuti pelatihan bagaimana menjadi wirausaha yang andal dan sukses selama tiga hari mulai 31 Mei sampai 2 Juni 2022, dengan dilatih narasumber yang berpengalaman di dunia kewirausahaan salah satunya Ketua UKM Sultra Abdul Hakim.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024