Kendari (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Sulawesi Tenggara memiliki sebanyak 12 galeri investasi di seluruh provinsi tersebut guna menyebarkan informasi terkait pasar modal.

"Saat ini galeri investasi di Sulawesi Tenggara sebanyak 12 galeri yang tersebar di dua kota dan satu kabupaten," kata Pelaksana Harian Kepala Kantor Perwakilan BEI Sultra Ricky ketika dihubungi di Kendari, Selasa.

Dia menyebut, galeri investasi yang ada di Sultra di antaranya Kota Kendari sembilan galeri, Baubau dua galeri dan Kabupaten Konawe satu galeri.

Di Kota Kendari, Galeri Investasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo Kendari, Galeri Investasi Syariah STIE66 Kendari, Galeri Investasi Syariah IAIN Kendari, Galeri Investasi Syariah Universitas Muhammadiyah Kendari, Galeri Investasi Universitas Sulawesi Tenggara.

"Kemudian Galeri Investasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo Kendari, Galeri Investasi Edukasi SMA Swasta Satria Kendari, Galeri Investasi Edukasi SMK Swasta Satria Kendari, dan Galeri Investasi KADIN Sulawesi Tenggara," jelasnya.

Selanjutnya, di Kota Baubau galeri investasi BEI yakni Galeri Investasi Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau dan Galeri Investasi Syariah Universitas Muhammadiyah Buton

"Lalu di Kabupaten Konawe, kami baru punya satu galeri investasi yaitu Galeri Investasi Universitas Lakidende," katanya.

Dia menjelaskan, galeri investasi BEI menyediakan semua informasi mengenai pasar modal yang diterbitkan oleh Bursa Efek Indonesia termasuk peraturan dan Undang-Undang Pasar Modal.

Selain itu, informasi dan data yang ada di Galeri Investasi BEI dapat digunakan oleh civitas akademika untuk tujuan akademik, bukan untuk tujuan komersial dalam hal transaksi jual dan beli saham.

Ia mengutarakan harapannya dengan adanya galeri investasi BEI dapat memberikan manfaat yang optimal bagi mahasiswa, praktisi ekonomi, investor, pengamat pasar modal maupun masyarakat pada umumnya.

"Kami masih terus pendekatan ke berbagai institusi pendidikan guna melakukan kerjasama pendirian galeri investasi, di tahun ini kami berencana menambah tiga galeri investasi baru," kata Ricky.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024