Kendari (ANTARA) - Sebanyak puluhan mahasiswa pecinta selam dari berbagai kampus di Indonesia berkumpul dan melakukan Jambore Selam Nasional ke-XII tahun 2022, dalam rangka mengangkat pariwisata di Pulau Labengki, Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Keterangan dari Sekda Konawe Utara, Kasim Pagala yang dikonfirmasi dari Kendari, Minggu mengatakan, puluhan mahasiswa pecinta selam peserta dari Sumatera, Lampung, Bangka Belitung, Ambon, Ternate dan sejumlah provinsi lainnya di Indonesia, telah berada di Pulau Labengki sejak tanggal 26 hingga 31 Mei 2022.

"Teman-teman mahasiswa penyelam melihat bahwa Labengki adalah daerah potensi untuk dilakukan kegiatan seperti itu. Memang daerah Labengki sangat berpotensi sekali untuk diadakan olahraga selam," ungkap Kasim Pagala.

Ia mengatakan, Konawe Utara dengan Pulau Labengki terpilih menjadi tuan rumah, kegiatan Jambore Selam Nasional ke XII oleh pemerintah kabupaten Konawe Utara sangat mendukung penuh kegiatan itu.

"Harapan kita dengan kehadiran para mahasiswa khususnya pencinta alam di Labengki, sekaligus ikut mempromosikan bahwa Konawe Utara dengan Pulau Lebengki sebagai salah satu destinasi wisata yang mempesona dan menarik bagi setiap wisatawan yang berkunjung," tuturnya.

Dikatakan, kegiatan Jambore selam nasional ini mengangkat tema “Pesona Bumi Anoa” yang berlangsung selama sepekan dari 26 sampai 31 Mei 2022.

Sebelumnya, pembukaan Jambore Selam Nasional ke XII dilakukan di Aula Universitas Muhammadiyah Kendari (25/5/) dihadiri seluruh peserta, termasuk para mahasiswa dari seluruh wilayah Indonesia.

Sebelumnya Wakil Bupati Konawe Utara yang juga Ketua KONI Konawe Utara Abu Haera mengungkapkan, kegiatan Jambore Selam Nasional ke XII ini, menjadi pionir untuk mempromosikan destinasi wisata khususnya yang ada di wilayah "Bumi Oheo" Konawe Utara.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024