Kendari (ANTARA) - Sebanyak 12 tim futsal dari berbagai perusahaan di Sultra bertanding di Kendari, 14-16 April 2022 dalam rangka menyambut Hari Buruh Internasional

Ketua Asosiasi Futsal Sulawesi Tenggara Abdul Latif di Kendari, Jumat, mengatakan, kegiatan Futsal dalam rangka Hari Buruh Internasional (May Day) tingkat Provinsi Sultra bertujuan untuk membangun karakter dan sportivitas antar pekerja/buruh dan serikat pekerja di berbagai perusahaan.

"Sebagai ketua asosiasi mengapresiasi gagasan ini, karena bagi saya semangat memperingati hari buruh internasional mutlak didorong, difasilitasi dan diisi dengan kegiatan-kegiatan positif, sehingga teman teman pekerja/buruh dapat menikmati dan merasakan arti hari buruh yang sesungguhnya," ujar Latif yang juga Direktur Utama Bank Sultra.

Ia mengatakan, pada tahun 2021 tepatnya 16 Oktober lalu, serikat karyawan Bank Sultra telah menggelar turnamen liga futsal Champions futsal di tempat ini. Dan tahun ini kembali dilaksanakan sebagai rangkaikan Hari Buruh Internasional.

"Saya ingin membagi tips bahwa bermain futsal bagi kesehatan tubuh dan mental kepada kita semua yang pertama dapat menjaga kesehatan jantung, karena pemain akan bergerak gesit ke depan dan ke belakang lapangan saat pertandingan  dan kedua membangun karakter tanggung jawab, karena futsal bukanlah olahraga menekankan keahlian individu tetapi juga kerjasama tim," ujarnya.
  Ketua panitia Fauzia Basalama saat pembukaan turnamen Futsal antar pekerja/buruh se Sultra dalam rangka Hari Buruh Internasional (May Day) 2022 di pusatkan di salah satu lapangan futsal di Kendari yang berlangsung selama tiga hari 14-16 April. (Antara/Azis Senong)

Kadis Nakertrans Sultra, LM Ali Haswandy mengatakan bahwa ditetapkannya 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional yang berdasarkan Kepres nomor.24/2003 berarti setiap tahun secara rutin oleh para pekerja/buruh diberbagai wilayah NKRI yang bertujuan untuk membangun kebersamaan antar pelaku Hubungan Industrial agar lebih harmonis.

Dalam era reformasi yang menonjol dalam hubungan industrial sedikitanya ada tiga yakni penghargaan terhadap hak azasi manusia, demokratisasi di tempat kerja dan pelibatan pemangku kepentingan dalam pembuatan kebijakan.

"Prinsip dasar inilah yang menjadi momentum pelaksanaan May Day tahun ini. Dengan tema 'Ketupat May Day' mari kita merayakannya dengan penuh kegembiraan dan kekeluargaan. Harapan saya melalui kegiatan Liga Futsal ini kita dapat meraih kemenangan dan mengutamakan silturahmi menuju indsustrial peace," tutur Ali Haswandy.
  Suasana pembukaan turnamen Futsal antar Pekerja/Buruh se Sultra dalam rangka Hari Buruh Internasional (May Day) 2022 di pusatkan di salah satu lapangan futsal di Kendari yang berlangsung selama tiga hari 14-16 April. (Antara/Azis Senong)
Sebelumnya, ketua panitia penyelenggara Futsal 2022 Fauzi Basalama melaporkan, turnamen Futsal dalam rangka Hari Buruh Internasila diikuti 12 tim yang terdiri dari tim futsal Pekerja/Buruh di perusahaan, Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh dan Konfederasi serikat pekerja/serikat buruh yang berlangsung selama tiga hari (14-16 April).

Dari 12 tim futsal yang berlaga dianatarya, Serikat Pekerja Bank Sultra, PT Antam, PT.Pegadaian, PT VDNI, BPJS TK, PT OSS, PT PLN, SBSI, Hotel Claro, dan KSPN.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024