Kendari (ANTARA) - Peserta Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXIII Tahun 2022 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI melakukan Studi Strategis Dalam Negeri di Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara.

Sekretaris Utama Lemhannas RI Komisaris Jenderal Polisi Purwadi Arianto dalam keterangan tertulis yang diterima di Kendari, Selasa, mengatakan kunjungannya di Polda Sultra dalam rangka mengkaji potensi daerah di provinsi ini.

"Kunjungan ke Sulawesi Tenggara dalam rangka studi strategis dalam negeri mengkaji potensi daerah dalam Panca Gatra yang merupakan aspek sosial kemasyarakatan terdiri atas ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan pertahanan keamanan (Ipoleksosbudhankam)," katanya.

Lemhannas merupakan lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional, dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

"Lemhannas merupakan lembaga yang konsisten pada tujuan dan cita-cita bangsa di tengah kekuatan persaingan global. Tupoksi Lemhannas merupakan lembaga pendidikan bagi pimpinan tingkat nasional," katanya.

Kunjungan Lemhannas RI di Polda Sulawesi Tenggara dipimpin Sekretaris Utama Lemhannas RI Komisaris Jenderal Polisi Purwadi Arianto.

Ia menambahkan Lemhannas RI membantu Presiden dalam mempersiapkan kader untuk menjadi pimpinan tingkat nasional yang berpikir komprehensif, integral, holistik, integratif, dan profesional.

"Selain itu memiliki watak, moral, etika kebangsaan, negarawan, berwawasan Nusantara, dan mempunyai cakrawala pandang yang universal," ujar dia.

Sementara itu, Kapolda Sultra Irjen Pol Teguh Pristiwanto menggambarkan situasi terkini di wilayah Sulawesi Tenggara yang meliputi potensi sumber daya alam dari wilayah perairan dan daratan yang merupakan objek strategis daerah serta masuk dalam objek vital nasional.

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024