Baubau (ANTARA) - Arus penumpang udara di Bandara Betoambari Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, khususnya maskapai penerbangan Wings Air terjadi peningkatan sejak adanya surat edaran terbaru Kementerian Perhubungan Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19.

"Jadi untuk penerbangan kita mengikuti surat edaran (SE) Kemenhub terbaru Nomor 21 Tahun 2022, terbitnya SE tersebut apresiasi pengguna jasa penerbangan sangat signifikan. Perhari ini semua penerbangan penuh, baik yang berangkat maupun yang tiba," ujar Airport Manager Wings Air Baubau, Komang Astawa, di Baubau, Rabu.

Sejak diberlakukannya ketentuan penghapusan hasil tes negatif PCR dan antigen bagi pelaku perjalanan domestik yang menerima dosis lengkap vaksin COVID-19 yang dikeluarkan Satuan Tugas COVID-19, kata dia, arus penumpang langsung ada peningkatan signifikan.

Sebelumnya, kata dia, kondisi arus penumpang udara di Bandara Baubau tidak begitu signifikan, rata-rata maksimal pengguna jasa transportasi udaha mencapai 70-75 persen, namun saat ini kursi terisi rata-rata mencapai 80 persen lebih.

Di samping itu, meskipun telah ada surat edaran mengenai penghapusan hasil tes negatif PCR dan antigen bagi pelaku perjalanan domestik yang menerima dosis lengkap vaksin COVID-19, kata dia, namun pihaknya bersama Kantor Kesehatan dan Otoritas Bandara Baubau tetap mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan yang ketat sesuai perintah dari SE tersebut.
 
Ia mengatakan, setiap harinya penerbangan Wings Air dari Bandara Betoambari Baubau sebanyak empat kali penerbangan masing-masing pulang pergi (pp). Empat flight itu rute Baubau-Makassar (Sulsel) sebanyak tiga penerbangan dan Baubau-Kendari satu penerbangan.
 
Komang menyebutkan, penerbangan pertama dari Baubau ke Makassar pukul 06.30 Wita dan tiba pukul 07.40 Wita, kemudian berangkat dari Makassar pukul 08.00 dan tiba di Baubau jam 09.10 Wita.

"Kemudian berangkat dari Baubau ke Makassar lagi pukul 09.35 dan tiba pukul 10.40 Wita, berikutnya dari Makassar jam 12.25 dan tiba di Baubau pukul 13.40 Wita," paparnya.

Sedangkan, kata Komang, untuk rute Baubau-Kendari penerbangan berangkat pukul 14.00 Wita dan tiba sekira pukul 14.30 Wita, sedangkan dari Kendari ke Baubau berangkat pukul 09.15 dan tiba pukul 09.55 Wita dengan kapasitas 72 kursi jenis ATR.

 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024