Kendari (ANTARA) - Sekda Kabupaten Konawe Kepulauan Cecep Trisnajayadi mengatakan peran Alumni Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Halu Oleo telah memberikan kontribusi signifikan dalam berbagai aspek dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Sultra khususnya Kabupaten Konawe Kepulauan.

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan, Ir H Cecep Trisnajayadi MM saat mewakili Bupati Konkep, dalam acara rapat kerja pengurus Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Bahasa Inggris (IKADIBING) Universitas Halu Oleo, Senin.

"Kami yakin IKA Alumni Bahasa Inggris Universitas Halu Oleo akan semakin maju karena seluruh pengurus adalah orang-orang berintegritas dan profesional. Suatu saat nanti, saya ingin menyaksikan dan mendapatkan undangan pengukuhan guru besar  bagi putra-putri Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris," harapnya.

Dalam kegiatan rapat kerja tersebut, selain Ketua Umum IKADIBING UHO, Drs Asrun Lio MHum PhD dan Sekda mewakili Bupati Konkep, juga di antaranya dihadiri oleh Rektor UHO yang diwakili Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, termasuk seluruh pengurus serta para alumni. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan mengatakan, kegiatan yang terlaksana di Konkep tersebut merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan, karena para alumni maupun pengurus dapat hadir berkumpul bersama.

"Kita tentu punya harapan dan niat yang tulus untuk bersama menyukseskan terselenggarannya kegiatan ini. Walaupun masih dalam suasana COVID-19, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Saya berharap agar IKADIBING UHO mampu memberikan kontribusi dalam membangun kualitas sumberdaya manusia di Provinsi Sulawesi Tenggara, dan terkhusus di Kabupaten Konawe Kepulauan," ucapnya.

Oleh karena itu, masih dia, kepada para pengurus, agar dapat menjadi mitra yang baik dengan Pemerintah, pelaku usaha dan swasta, serta menjadi organisasi kuat serta profesional, sesuai dengan program kerja yang telah ditetapkan.

"Sehingga dapat memberi manfaat nyata bagi kesejahteraan anggota, dalam memajukan organisasi IKADIBING UHO. Saya juga menilai, agenda ini merupakan ajang silaturahim satu sama lain, dalam bertukar pikiran, bertukar pandangan, visi dan misi untuk bersinergi dengan pemda Kabupaten Konawe Kepulauan. Kami akan selalu terbuka dan siap menerima kehadiran Universitas Halu Oleo untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan," tuturnya.

Dia mengungkapkan jika eksistensi IKA Alumni sangat berarti, karena perguruan tinggi (almamater) akan mempunyai reputasi baik bila ada sinergi antar-sivitas akademika: para pengajar, karyawan, mahasiswa dan para alumni. Terutama kiprah alumni dalam pengabdian yang luhur terhadap nusa bangsa dan masyarakat di sekitarnya.

"Sejak tahun 2016, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan telah mengalokasikan anggaran Rp. 6 Milyar pertahun dalam bidang pendidikan berupa beasiswa pada program Pemerintah Wawonii Cerdas. Hal ini untuk mendorong peningkatan sumber daya manusia masyarakat Wawonii, agar memiliki daya saing dalam kancah skala daerah, nasional maupun internasional.

  Suasana pelantikan pengurus dan rapat kerja Ikatan Alumni Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Halu Oleo Periode 2020-2024. (Foto Azis Senong) Program beasiswa yang dicanangkan Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan dapat memacu perkembangan IPM (Indeks Pembangunan Masyarakat) yang meningkat dari tahun ke tahun," paparnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), lanjutnya, kecepatan pergerakan IPM Kabupaten Konawe Kepulauan rata-rata sebesar 2,19 dan berada pada peringkat ke-4 di Provinsi Sulawesi Tenggara. Peningkatan IPM Kabupaten Konawe Kepulauan tidak lepas dari pengaruh peluncuran program Beasiswa Cerdas Wawonii.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Alumni Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Halu Oleo (IKADIBING), Drs Asrun Lio MHum PhD mengatakan, dalam waktu dekat akan dilaksanakan juga kegiatan Rapat Kerja nasional untuk merumuskan garis-garis besar program Kerja selama kepengurusan.

Selanjutnya, tambah pria Lulusan S3 The Australian National University (ANU) Canberra ini,  IKADIBING UHO akan dibentuk juga pada 17 kabupaten kota di seluruh wilayah Provinsi Sultra.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua Umum IKABIDING UHO Sultra, Asrun Lio memberikan Bendera Pasaka IKADIBING UHO kepada Koordinator Daerah Konawe Kepulaun, Drs Gamsir MAp sebagai simbol pembentukan Kepengurusan di tingkat kabupaten kota.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 UHO memberikan apresiasi kepada Alumni Pendidikan Bahasa Inggris karena telah membentuk sebuah organisasi yang bernama IKADIBING.

"Tentunya organisasi ini dapat menjadi wadah bagi seluruh kepentingan Alumni Pendidikan Bahasa Inggris serta IKADIBING akan menjadi mitra kerja UHO dalam penelusuran alumni," tambahnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024